Pelaku UMKM Bandung Berhasil Tembus Pasar Internasional Berkat Kampus UMKM Shopee Ekspor

Pelaku UMKM Sukses di Bandung
Sumber :
  • Pribadi/Istimewa

VIVA Jabar - Sejak diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Agustus 2021, Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung telah berhasil mewujudkan cita-cita pelaku UMKM untuk ekspor ke pasar Internasional.

Bey Machmudin Lantik Adi Gemawan Jadi Kepala Perwakilan BPKP Jawa Barat

Salah satu UMKM lokal yang memanfaatkan peluang ekspor tersebut adalah Wendi Paisal, pemilik toko online Indah Fashion 26 asal Bandung.

Wendi berhasil membuktikan bahwa digitalisasi terbukti efektif dalam mengembangkan bisnis Mulai berjualan dengan modal seadanya, Pria asal Buah Batu Bandung ini menjual produk fesyen wanita dan berhasil mendapatkan omzet ratusan juta rupiah.

Jelang Pilkada Serentak 2024, Bey Machmudin Tegaskan Hal ini

Selain itu, Wendi juga memberdayakan puluhan warga di sekitar rumahnya, untuk memproduksi sweater dan pakaian rajut yang berhasil diekspor hingga Singapura dan Malaysia.

Awalnya Wendi merupakan supplier pakaian rajut. Sayangnya, usaha ini tidak menguntungkan karena persaingan harga yang terlalu ketat. Wendi tidak bisa bersaing dengan para reseller lainnya hingga omzetnya turun drastis. Merasa kesulitan, Wendi memutuskan untuk menjual produknya sendiri.

Beri Hadiah Celana Legeg, Warga Majalengka Doakan KDM Jadi Gubernur Jabar

Bermodalkan keyakinan dan uang sebesar Rp 1 juta dari hasil menggadaikan perhiasan emas sang istri, pria asal Bandung ini mendirikan toko bernama Indah Fashion 26 di Shopee. Wendi mempelajari strategi pemasaran dari berbagai sumber salah satunya, Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung.

Melalui materi yang diberikan, Wendi mampu, memaksimalkan fitur iklan Shopee yang dapat membantu mengoptimalkan performa toko. Hasilnya, toko Indah Fashion 26 selalu ada order mampu melayani 450 pesanan dalam satu hari. Omzet penjualan Indah Fashion 26 juga melesat hingga 60 persen dan saat ini memiliki followers lebih dari 60.000.

Halaman Selanjutnya
img_title