Pemerintah Kirim 20 Ribu Prajurit TNI ke Al-Zaytun, Cek Fakta!

Viral di Medsos Pemerintah Kirim 20 Ribu Prajurit ke Al-Zaytun
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Beredar informasi dengan klaim bahwa pemerintah memberangkatkan 20 ribu prajurit ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun sebagaiman diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Juni 2023.

Kalah dalam Pilpres 2024, PDIP Salahkan Jokowi

Unggahan tersebut berupa video dengan tampilan awal Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah orang mengenakan baret hijau dan berpakaian seragam loreng. Pada tampilan video tersebut bertuliskan "BREAKING NEWS 20.000 PRAJURIT DIBERANGKATKAN RATUSAN TERORIS DIINFORMASIKAN ADA DIPONPES AL ZAYTUN".

Video berdurasi 10 menit 16 detik tersebut menampilkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD diiringi dengan narasi suara seorang perempuan dengan transkrip sebagai berikut: "Mahfud MD Soal Ponpes Indramayu kalau tidak sesuai sama hukum berurusan dengan saya."

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

Kemudian video dilanjutkan dengan video Mahfud MD yang sedang menjawab pertanyaan tentang Pondok Pesantren Al Zaytun, berikut transkrip perkataan Mahfud MD dalam tayangan tersebut.

"Kalau tidak sesuai dengan hukum, itu urusan dengan saya. Kalau menyangkut penyelenggaraan institusi, itu Kemenag. Jadi, kita belum tahu masalahnya di mana sebenarnya. Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut. "20.000 Pr4jurit Diberangkatkan Oleh Pemerintah, Al Zaytun Dikabarkan Siap Kan Pasukan Tandingan.."

Jadi Drakor Rating Tertinggi, Ini 5 Fakta Menarik Queen of Tears

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, tidak ada keterangan terkait pengiriman 20 ribu pasukan oleh pemerintah ke Ponpes Al Zaytun. Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'pemerintah berangkatkan 20 ribu prajurit ke Al Zaytun'. Hasilnya tidak ada rujukan yang dimuat situ berita yang kredibel yang memuat informasi tersebut.

Kemudian penelusuran tetap menggunakan Google Search dengan menjadikan pernyataan Mahfud MD dari potongan video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Search. Penelusuran mengarah pada sejumlah artikel salah satunya berjudul "Mahfud MD Soal Ponpes Al Zaytun Indramayu: Kalau Tidak Sesuai dengan Hukum, Berurusan Sama Saya" yang dimuat situs Pikiran-rakyat.com.

Halaman Selanjutnya
img_title