Dinas Pendidikan Bantah Adanya Pemecatan Guru yang Kritik Ridwan Kamil

Sabil Fadilah
Sumber :
  • VIVA/Azizi Erfan

Jabar – Guru SMK Telkom Sekar Sekar Kemuning, Kota Cirebon, Jawa Barat Muhammad Sabil Fadhilah sempat diperbincangkan publik lantaran ia mengkritik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Mendominasi Survei Popularitas Jelang Pilgub Jabar 2024 versi Indodata

Perbincangan terkait Sabil, semakin ramai usai ia mengaku telah dipecat dari sekolah Tempat ia mengajar karena mengkritik sang Gubernur.

Menanggapi isu pemecatan itu, Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah X Jawa Barat memastikan tidak ada pemecatan terhadap Sabil. Nama guru Muhammad Sabil Fadhilah tetap terdata di Data Pokok Pendidik (Dapodik).

Zara Unggah Foto Tanpa Hijab, Netizen Singgung Mendiang Eril

Kepala KCD Pendidikan Wilayah X Jawa Barat, Ambar Triwidodo menyatakan data Muhamad Sabil tidak berubah dan tidak ada istilah dikeluarkan.

"Kami memastikan bahwa data yang bersangkutan atas nama Muhamad Sabil di Dapodik tetap tidak berubah dan tidak ada istilah dikeluarkan, karena sampai hari ini yang bersangkutan masih terdata di Dapodik SMK Pondok Pesantren Manbaul Ulum," kata Ambar saat ditemui di Cirebon, Kamis (16/3/2023).

Putri Ridwan Kamil Lepas Hijab, Zara Ungkap Alasannya

Ambar juga mengungkapkan bahwa kalaupun Dapodik dicabut, itu ada kemungkinan karena kepanikan pihak sekolah. Sebab kata Ambar, pada saat itu memang waktunya melakukan verifikasi faktual (Verfal) khususnya guru-guru di Lembaga swasta.

"Kalau dicabut, kalau di data mungkin karena kepanikan operator di pihak sekolah, karena kebetulan hari Senin itu kami sedang melakukan verifikasi faktual khususnya untuk teman-teman di swasta, baik data guru maupun data siswa karena dalam proses pencairan dana hibah," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title