Bukan Pelaku Utama Pembunnuhan Brigadir J, Ricky Rizal Mendapat Diskon Hukuman dari MA

Penampakan Rizky Rizal dan Kuat Makruf
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Setelah kelompok Ferdy Sambo Cs melakukan banding ke Mahkamah Agung (MA) ternyata mereka semua mendapatkan keringanan berupa sunat vonis hukuman masing-masing dari para terdakwa, tak terkecuali Rizky Rizal. 

Agenda Pembacaan Eksepsi, JPU Sebut Kuasa Hukum Yosep Kurang Cermat

Mantan ajudan kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Ferdy Sambo, Ricky Rizal Wibowo, juga mendapatkan diskon alias pengurungan hukuman dari majelis hakim Mahkamah Agung dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Terdakwa bukan sebagai pelaku utama dalam penembakan Korban Nofriansyah Yosua Hutabarat yang dilakukan oleh Saksi Ferdy Sambo bersama Saksi Richard Eliezer Pudihang Lumiu di rumah Duren Tiga," tulis putusan MA dikutip Senin 28 Agustus 2023.

Lebaran di Jeruji Besi, Pembesuk Yosep Wajib Minta Izin Pengadilan Negeri Subang

Hakim menjelaskan bahwa Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E yang menjadi eksekutor pertama yang menyebabkan Brigadir J tewas. Dia menyebut, Ricky Rizal adalah seorang ajudan Ferdy Sambo sehingga dia tak bisa menolak perintah Ferdy Sambo.

"Terdakwa sebagai seorang ajudan Saksi Ferdy Sambo, secara psikologis, tidak dapat menolak kehendak Saksi Ferdy Sambo dan Saksi Putri Candrawathi karena adanya relasi kuasa yang timpang antara Terdakwa selaku bawahan dan Saksi Ferdy Sambo selaku atasan," kata hakim.

Terdakwa Penganiayaan hingga Meninggal Divonis Hukuman Percobaan, Kejari Subang Ajukan Banding

Hal yang harus dipertimbangkan hakim dalam menyunat vonsi Ricky Rizal adalah penolakan perintah menembak Brigadir J dari Ferdy Sambo. Ricky memang berasalan tak kuat mental ketika menolak perintah.

"Terdakwa memiliki kehendak untuk menolak perintah Saksi Ferdy Sambo pada saat diminta untuk menjadi eksekutor dalam menghabisi nyawa Korban Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan alasan tidak kuat mental," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title