Marak Terjadi Kasus TPPO, Polri Telah Tangani 755 Kasus dan Selamatkan 2.422 Korban

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Kasus Kejahatan Tindak Pidana perdagangan Orang (TPPO) marak sekali terjadi di beberapa negara berkembang, tak terkecuali di Indonesia. Sampai per-tanggal 27 Agustus 2023 saja, Satuan Tugas (Satgas) TPPO Polri dan Jajaran Polda telah menangani 755 kasus serta menyelamatkan 2.539 korban perdagangan orang. 

MNC Group Larang Nobar Piala Asia U-23, Polri Malah Ajak Masyarakat Nonton Bareng

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan jumlah tersebut akumulasi dari 830 laporan yang ditangani. Dari pengungkapan itu, polisi menetapkan 974 tersangka.

"Jumlah korban TPPO yang diselamatkan sebanyak 2.539 orang. Jumlah tersangka pada kasus TPPO sebanyak 974 orang," ujar Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (1/9/2023).

Ribuan Suami di Subang Relakan Istrinya Jadi Pekerja Migran

Karopenmas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Menurut Ramadhan, modus kejahatan TPPO terbanyak adalah iming-iming bekerja sebagai pekerja rumah tangga (PRT) di luar negeri. Dia menyebut ada 520 kasus yang diungkap menggunakan modus tersebut.Selain itu, lanjut Ramadhan, modus lainnya adalah menjadikan korban sebagai pekerja seks komersial (PSK) sebanyak 245 kasus.Modus bekerja sebagai ABK ada tujuh kasus dan eksploitasi anak 69 kasus.

MenPAN-RB: ASN Boleh Tempati Jabatan TNI-Polri

Ilustrasi-Pelaku Kasus TPPO

Photo :
  • screenshot berita viva news

Dalam kesempatan yang sama, Ramadhan juga menyampaikan pesan dari Kapolri yang mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran bekerja dengan gaji tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

Halaman Selanjutnya
img_title