Pasukan Gabungan TNI Lakukan Operasi Gabungan di Nduga, 3 Anggota KKB Berhasil Dilumpuhkan

TNI Mengamankan Senjata Api di Markas KKB
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Pasukan gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan operasi gabungan di Kampung Alguru, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Jum'at, 1 September 2023. Tiga orang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pun berhasil ditembak hingga tewas di tempat. Anggota KKB yang tewas tersebut berasal dari Kodap III Ndugama. 

Perwakilan Papua dan Sumatera Hadir Lagi, Inilah 18 Klub Peserta Resmi Liga 1 2024-2025

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan yang dihubungi melalui telepon selulernya pada Minggu, 3 September 2023, membenarkan kejadian ini. 

"Tindakan penyergapan ini adalah sebagai akibat dari penyerangan yang dilakukan KKB kepada masyarakat sipil beberapa waktu lalu di Batas Batu," ujar Pangdam. 

MNC Group Larang Nobar Piala Asia U-23, Polri Malah Ajak Masyarakat Nonton Bareng

Izak menegaskan, kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat adalah untuk menjaga keamanan dan memberikan rasa nyaman.

"Bila masyarakat terganggu, maka TNI akan bertindak," ujar Pangdam. 

Cerita Rey Mbayang Nyaris Meregang Nyawa di Papua saat Diving

Menurut Izak, operasi penyergapan ini dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satgas Tim Taipur, Satgas Yonif MR 411 dan Satgas Elang yang dipimpin oleh Mayor Inf Cosmos.

Operasi ini telah berlangsung selama beberapa minggu di kawasan Matoa, Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan dan berakhir pada tanggal 1 September 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title