Harumkan Indonesia di Mata Dunia, BPHN Kemenkumham Raih The Winner of OGP Award 2023

BPHN Kemenkumham Raih Penghargaan internasional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) telah menjalankan program Perluasan Bantuan Hukum Bagi Individu dan Kelompok Rentan di Indonesia.

7 Negara dengan Jumlah Wanita Lebih Banyak dari Pria, Surga bagi Para Jomblo

Program ini menjadi bukti nyata kiprah pemerintah Indonesia dalam mewujudkan akses keadilan bagi individu dan kelompok.

Rupanya, hak tersebut mendapat pengakuan gemilang di kancah internasional. Indonesia melalui BPHN Kemenkumham meraih penghargaan prestisius dalam Open Government Partnership (OGP) Awards 2023 pada Rabu, 06 September 2023.

Usai Resmi Jadi WNI, Maarten Paes Tak Sabar Merumput Bersama Skuad Garuda

Program ini berhasil menyisihkan 8 nominasi program dari negara regional Asia Pasifik lainnya. Sekaligus, hal ini menegaskan posisi Indonesia dalam mendorong transparansi dan keterbukaan pemerintahan yang berpihak pada kelompok masyarakat kecil dan rentan.

BPHN Kemenkumham Raih Penghargaan internasional

Photo :
  • Istimewa
Sah Jadi WNI, Maarten Paes Merasa Bangga

“Program Bantuan Hukum adalah bentuk komitmen dari Pemerintah melalui BPHN dalam memperluas ‘access to justice’, terutama pada individu dan kelompok rentan di Indonesia,” ujar Kepala BPHN Widodo Ekatjahjana ketika menerima penghargaan tersebut dalam acara puncak OGP Summit 2023 yang digelar di Tallin, ibu kota Estonia.

Widodo mengungkapkan, dalam upayanya mewujudkan akses keadilan bagi kelompok masyarakat rentan, Pemerintah melalui BPHN telah melakukan berbagai langkah strategis. Tercatat sebanyak 619 Pemberi Bantuan Hukum (PBH) telah terverifikasi dan terakreditasi oleh BPHN untuk periode 2022-2024.

Halaman Selanjutnya
img_title