Malaysia Diduga Lakukan Plagiat Atas Lagu Halo Halo Bandung, Pengamat Musik Beri Respon

Gambar Lagu Hello Kuala Lumpur
Sumber :
  • intipseleb.com

VIVA Jabar – Baru-baru ini masyarakat Indonesia kembali dikejutkan oleh adanya dugaan pengakuan atas karya anak bangsa yang dilakukan negara tetangga Malaysia.

Takluk dari Timnas Irak, Garuda Muda Andalkan Babak Playoff

Setelah beberapa kesenian seperti Reog Ponorogo dan lainnya diklaim sebagai karya Malaysia, kali ini lagu yang populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai lagu ciptaan Ismail Marzuki yakni 'Halo Halo Bandung' diduga telah diplagiasi oleh negara Jiran itu. Hanya saja, kata 'Bandung' dalam lagu itu diubah menjadi 'Kuala Lumpur'.

Hal itu diketahui melalui unggahan kanal YouTube Lagu Kanak TV yang mengubah lirik Halo Halo Bandung dengan versi mereka. Kemudian, video yang diunggah pada 27 Mei 2020 silam itu diberi judul Hello Kuala Lumpur.

Dikritik Netizen, Marselino Ferdinan: Hahaha Negara Lucu

Pengamat musik, Kadri Mohamad yang juga dikenal sebagai Singing Lawyer, turut memberikan komentar atas hal ini. Ia menyebut permasalahan ini mesti ditelisik dengan lebih cermat.

Menurut Kadri, lagu Halo Halo Bandung perlu dipastikan dulu bahwa itu merupakan lagu ciptaan Ismail Marzuki.

Nathan Tjoe-A-On 'Tulang Punggung' Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak

“Kita harus pastikan dulu kalau Halo Halo Bandung itu memang dari Ismail Marzuki, dan sudah diumumkan menurut Undang-Undang di Indonesia,” ungkap Kadri Mohamad saat ditemui awak media di Cirendeu, Tangerang Selatan, pada Selasa, 12 September 2023.

Kemudian, langkah selanjutnya, harus dibuktikan pula apakah Undang-Undang Hak Cipta di Malaysia dan Indonesia punya kesamaan perihal pendeklarasian lagu ciptaan.

Halaman Selanjutnya
img_title