7 Presiden Dituduh Paling Korupsi di Dunia, Indonesia Urutan Nomor 1, Siapa Sosoknya?

Slobodan Milosevic , Presiden Serbia (1989-2000)
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Korupsi telah menjadi masalah yang melanda dunia sejak terbentuknya masyarakat yang terorganisir. Pemimpin politik yang menyalahgunakan kekuasaan sering menggunakan berbagai mekanisme seperti penggelapan, pencucian uang, dan pemerasan.

Kabar Gembira! Ada Saldo DANA Gratis Buat Anda, Berikut Langkahnya

Pemimpin korupsi dapat merujuk kepada siapa pun yang memegang posisi berkuasa dalam pemerintahan dan memanfaatkan pengaruhnya secara ilegal untuk keuntungan pribadi, pendukungnya, atau pihak lain. Keuntungan tersebut dapat berupa uang, peningkatan pengaruh, atau bantuan politik.

Contoh yang umum adalah penggelapan dana, di mana pemimpin mengalihkan dana dari proyek atau skema publik ke dalam kantong pribadi mereka.

Catat, 4 Aplikasi Ini Bisa Beri Saldo DANA Gratis

Korupsi tidak selalu berkaitan dengan uang, banyak negara dilanda korupsi politik yang berfokus pada kekuasaan dan pengaruh. Pemilu yang curang, yang hasilnya sudah ditentukan sebelumnya melalui penyuapan dan penipuan pemilih, serta kronisme adalah contoh bagaimana kekuasaan dapat disalahgunakan untuk menguntungkan sekelompok orang tertentu.  

Melansir International Transparancy atau Transparansi Internasional, yang mana adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengatasi dan mendokumentasikan korupsi di seluruh dunia, badan ini secara teratur melakukan penilaian terhadap negara-negara, tingkat korupsinya dan, pada tahun 2004, menerbitkan daftar pemimpin paling korup di dunia.

Saldo DANA Hilang Tiba-tiba? Begini Cara Cepat Mengembalikannya

Daftar ini didasarkan pada jumlah individu yang melakukan penggelapan ketika memegang posisi kekuasaan di negaranya masing-masing.

Soeharto – Presiden Indonesia (1967-1998)

Dana yang diduga digelapkan: $25 miliar atau Rp 383 Triliunsoe

Soeharto

Photo :
  • Screenshot berita tvonenews.com

Soeharto adalah presiden kedua Republik Indonesia dan menjabat selama 31 tahun dari tahun 1967 hingga 1998. Suharto mengawali karier di bidang militer, yang mana membuat dirinya menjadi pemimpin yang tegas.

Halaman Selanjutnya
img_title