Muhammadiyah Kecam Tindakan Aparat di Rempang: Jokowi Gagal Dalam Menjalankan Konstitusi

Kantor PP Muhammadiyah Jakarta
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Setelah beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) melontarkan kecamannya terhadap kericuhan di pulai Rempang, Batam, Kepulauan Riau.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

kini giliran Pengurus Pusat Muhammadiyah yang juga melontarkan kecaman terhadap aksi brutal aparat di Rempang.

Muhammadiyah menganggap Pemerintah telah gagal dalam melaksanakan mandat konstitusi pembangunan proyek strategis nasional di Pulau Rempang.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

"LHKP dan Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah mengecam kebijakan publik pemerintah untuk menggusur masyarakat Pulau Rempang, Kepulauan Riau, demi kepentingan industri swasta. Pola pelaksanaan kebijakan yang tanpa konsultasi dan menggunakan kekuatan Kepolisian dan TNI secara berlebihan bahkan terlihat brutal, pada 7 September 2023, ini sangat memalukan," dikutip dari keterangan resmi yang diterima VIVA, Rabu, 13 September 2023.

Pemerintah disebut terlihat ambisius membangun proyek bisnis dengan cara mengusir masyarakat yang telah lama hidup di Pulau Rempang, jauh sebelum Indonesia didirikan.

Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Besok, Hari Raya Idul Fitri Diprediksi Serentak

Aksi Unjuk Rasa di Depan Kantor BP Batam

Photo :
  • Viva.co.id

Mereka pun menyinggung soal frasa dalam UUD 1945 yang menyatakan tujuan pendirian negara adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Halaman Selanjutnya
img_title