Menuju Pemerataan Transformasi Layanan Rujukan

Plt Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana mewakili Gubernur Jawa Barat dalam peresmian Oetomo Hospital di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa, 7 Maret 2023 lalu.

Dibiayai Sponsor, Paslon Bupati Bisa Keluarkan Dana Rp25-30 Miliar Saat Pilkada

Memiliki layanan unggulan yang meliputi Layanan Kesehatan Mata, Layanan Kesehatan Anak, Rehabilitasi Medik, Layanan Jantung, MRI dan Paket Medical Checkup RS yang berada di Kabupaten Bandung ini diharapkan membantu derajat kesehatan masyarakat sekitar sebagai salah satu upaya pemerataan transformasi layanan rujukan yang termasuk kepada pilar transformasi kesehatan.

Saat ini Kementerian Kesehatan tengah menggaungkan Transformasi Layanan Rujukan yang menjadi salah satu pilar penunjang dari 6 pilar Transformasi Kesehatan di Indonesia. 

School Creative Hub 2024, Kadisdik Jabar: Hal yang Mustahil Akan Jadi Kenyataan di Esok Hari

Transformasi layanan rujukan tersebut antara lain menggerakkan rumah sakit-rumah sakit untuk menyediakan 9 layanan unggulan yang menjadi layanan prioritas guna mengurai beban rumah sakit tertentu dalam melayani 9 penyakit tersebut.

“Rumah sakit diharapkan dapat mewujudkan service execelence dalam pelayanan penyakit-penyakit seperti kanker, stroke, jantung, uronefrologi, pelayanan kia, pengelolaan penyakit DM, TB, dan yang lainnya,” kata Plt. Kadinkes Nina.

PPDB Jabar 2024 Resmi Dibuka, Pj Gubernur: Bersih, Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Ia juga berharap, ke depannya rumah sakit-rumah sakit di Jawa Barat dapat bersinergitas dengan pemerintah di masing-masing Kabupaten/ Kota untuk dapat mengembangkan konsep hospital tourism agar konsep pelayanan kesehatan dari sebuah rumah sakit dapat berkembang lebih luas.

Sebagai informasi, rumah sakit di Jawa Barat saat ini adalah 401 unit. Adanya rumah sakit ini menurutnya diharapkan menjadi solusi permasalahan kebutuhan fasilitas kesehatan di wilayah Bandung Raya.

Halaman Selanjutnya
img_title