Pupuk Kujang Dirikan Sentra Edukasi Nanas di Kabupaten Subang

PT Pupuk Kujang dirikan sentra Edukasi Nanas
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Melalui Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Pupuk Kujang Cikampek mendirikan Sentra Edukasi Nanas terdigitalisasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Ikut Serta Dalam MTQ Provinsi Ke-XXXVIII, Pemda Subang Lepas 21 Kafilah ke Bekasi

Sentra Edukasi Nanas terdigitalisasi ini menjadi tempat pembelajaran cara tanam nanas yang pertama di Kabupaten Subang dengan sentuhan teknologi berbasis digital.

“Sentra edukasi Ini menjadi tempat belajar ilmu nanas yang dilengkapi dengan modul digital berupa aplikasi bernama Kampung NanasKu. Ini menjadi yang pertama di Subang. Di sini, masyarakat juga bisa mempelajari langsung segala hal tentang tanaman nanas dari petani berpengalaman,” ujar Agung Gustiawan, VP TJSL Pupuk Kujang pada Rabu, 20 September 2023.  

World Water Forum Segera Digelar, Perumda TRS Berharap Ada Kejelasan Regulasi dan Solusi

Agung menuturkan, nanas merupakan salah satu komoditas unggulan Jawa Barat yang identik dengan Subang.

Nilai sejarah nanas yang mengakar kuat di daerah itu menjadi sebab terdapat banyak petani nanas di Subang. Tak heran, daerah itu dijuluki dengan kota nanas.

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

Salah satu kelompok petani nanas Subang yang berprestasi adalah Kelompok Tani Mekar Sari Maju. Di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak. Tak hanya konsisten menghasilkan nanas berkualitas baik, Poktan Mekar Sari Maju bersama Koperasi Singgalang Sari Maju juga bisa membuat berbagai produk olahan nanas mulai dari aneka makanan olahan seperti wajit, keripik dan es buah, bahkan bisa membuat pupuk hayati dan kain dari nanas.

Selain itu, kelompok petani ini bisa membuat silase atau pakan ternak dari kulit nanas.

Halaman Selanjutnya
img_title