Buntut Serangan Anjing, 22 Warga Padang Positif Rabies

Ilustrasi Anjing.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - 22 warga Kecamatan Pauh, Padang terkonfirmasi positif rabies. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Sumatera Barat, dr Sri Kurnia Yati. Puluhan warga tersebut terjangkit virus genus Lyssavirus usai ditikam gigitan anjing pada Selasa, 26 September 2023.

KDM Ungkap Penjual Eksimer Berkedok Jual Minuman Kekinian, Warga Geram Langsung Robohkan Kios

"Seekor anjing yang menggigit 22 korbannya di Kecamatan Pauh Selasa kemarin, dinyatakan positif rabies. 22 korban gigitan ini, akan terus kita pantau kondisinya," kata dr Sri Kurnia Yati, Jumat 29 September 2023.

Dokter Sri Kurnia memastikan pasca serangan dan gigitan itu, seluruh korban sudah mendapatkan perawatan medis termasuk juga diberikan suntikan Vaksin Anti Rabies (VAR) untuk mencegah infeksi.

Garut Diguncang Gempa M 6,5, Sebabkan Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Ilustrasi Anjing.

Photo :
  • Viva.co.id

Hingga hari ke-7 dan 21, seluruh korban gigitan kembali akan diberikan VAR. Ia bilang, dari hasil pemeriksaan kondisi, para korban mendapatkan gigitan pada bagian kaki, bahu hingga bagian kepala. Khusus yang digigit dari bahu ke atas, bahkan sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat waktu itu.

Takut Terjerat Pinjol, Ribuan Nelayan Subang Ogah Daftar Kusuka

"Saat ini kita masih menunggu informasi terbaru kondisi korban," ujarnya.

Atas peristiwa ini, kata dr Sri Kurnia Yati, pemerintah kota Padang mengimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai hewan yang berkeliaran seperti anjing, kucing hingga kera, karena bisa saja hewan-hewan itu mengidap rabies dan membahayakan siapa saja.

Halaman Selanjutnya
img_title