Kata Pengamat Soal Peluang Ridwan Kamil di Pilpres 2024

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarPengamat Politik dan Guru Besar Ilmu Politik & Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad), Muradi menilai sudah sepantasnya Ridwan Kamil alias RK untuk maju ke Pilpres 2024 mewakili Jawa Barat. Dorongan dilakukan karena ada beberapa alasan.

Petugas Pemilu Kembali Gugur, Kali Ini KPPS di Makassar

Dengan jumlah pemilih mencapai 17,4 persen, Jawa Barat harus punya wakil di kancah politik nasional. Sosok Ridwan Kamil dinilai sangat cocok sebagai putra daerah terbaik Jawa Barat.

"Ya sekarang kan secara populasi Jawa Barat menjadi penyumbang suara terbesar secara nasional, sudah sepantasnya ada putra daerah terbaik Jawa Barat dipanggung politik Nasional," ujarnya.

Dugaan Kecurangan Pilpres, Timnas AMIN Dukung Ganjar Soal DPR Gunakan Hak Angket

Kendati demikian, hal itu perlu didiskusikan lebih lanjut, apakah akan menjadi hal penting untuk Jawa Barat atau sebaliknya.

"Hanya memang yang harus digaris bawahi RK tidak sendiri, dia tidak boleh merasa ini hanya sebatas tanggung jawab personal, di belakang dia tuh adalah gerbong Jawa Barat, bukan hanya gerbong ITB, atau gerbong Bandung, tapi gerbong Jawa Barat, di mana posisi dia harus membawa aspirasi masyarakat Jawa barat," tegasnya.

Prabowo-Gibran Dulu Dinyinyir Sekarang Didukung, KDM: Terima Kasih Ya Atas Dukungannya

"RK juga harus bisa memberikan keyakinan ke publik, keyakinan ke partai politik, keyakinan ke calon Presiden, bahwa kalo nanti dia terpilih, dia punya ruang untuk bisa membangun tambahan elektabilitas nasional, mengingat Jawa Barat memiliki DPT sebanyak 35,7 juta suara," lanjutnya.

Selain Ridwan Kamil, terdapat juga sejumlah nama calon pemimpin yang dikaitkan dengan Jawa Barat, seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Anies Rasyid Baswedan.

Halaman Selanjutnya
img_title