Narman, Ciptakan Baduy Craft di Tengah Kuatnya Tali Adat

Narman, pencipta Baduy Craft
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Suku Baduy yang terletak di pedalaman provinsi Banten dikenal sebagai masyarakat yang masih kuat memegang adat istiadat. Dengan prinsip adat yang kuat itu, keadaan masyarakat dan kondisi alam Baduy masih murni tak terjamah oleh asap industri dan teknologi.

Dianggap Telah Dilanggar oleh Laskar Manguni, Inilah Kearifan Lokal Falsafah Huma Betang

Kehidupan suku Baduy pun masih bergantung pada pertanian. Di samping itu, suku Baduy juga mengais rejeki dengan membuat kerajinan tangan yang sebenarnya memiliki nilai ekonomi tinggi.

Namun, karena masyarakatnya yang tertutup dan belum tersentuh dunia luar membuat masyarakatnya sulit memasarkan kerajinan tangan yang mereka hasilnya. Mereka menjual kerajinan tangan seperti gelang, kain tenun, tas dan kalung dengan hanya menunggu datangnya para wisatawan.

Buntut Sangsi Adat, Mama Muda di Sultra Diperkosa oleh Oknum Kepala Desa

Kondisi tersebut membuat seorang pemuda bernama Narman gelisah. Ia pun mulai mencari cara bagaimana memasarkan kerajinan tangan dan potensi yang dimiliki suku Baduy sehingga dapat memberdayakan ekonomi masyarakat hingga akhirnya pemuda kelahirann1989 itu berkenalan dengan teknologi internet.

Bagi Narman, kerajinan tangan masyarakat Baduy adalah produk etnik yang memiliki makna luas tentang tradisi, adat, dan juga sisi kehidupan yang tenang. Produk Baduy juga memiliki filosofi dan cerita unik masing-masing di balik setiap produk.

'Mamin' Produk Favorit di Platform Digital, Penjualan Naik 2 Kali Lipat Dibanding Periode Lalu

Sebagai pemuda yang memiliki pemikiran progres, Narman akhirnya berinisiatif memasarkan kerajinan tangan melalui internet. Perjuangan Narman pun tidaklah mudah, ia harus menyeberang desa dengan jalan kaki yang berjarak dua kilometer untuk belajar internet dan komputer secara otodidak.

Sebab di tempat tinggalnya yakni Baduy Luar, Lebak, Banten, ada larangan untuk menggunakan alat teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
img_title