Hasil Survei: Efek Gibran Buat Elektabilitas Prabowo Naik Signifikan

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Lembaga Survei Indonesia atau LSI Denny JA merilis hasil survei capres-cawapres. Di mana, survei tersebut menempatkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada posisi pertama.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp600.000! Klaim Sekarang dan Nikmati Penghasilan Tambahan

Direktur KCI-LSI Network, Adjie Al-Faraby mengungkapkan, dipilihnya Gibran sebagai cawapres memberikan efek signifikan bagi pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut.

"Bekerjanya efek Gibran (Gibran’s effect). Semakin diserang justru semakin populer. Karena diserang massif, Gibran dibicarakan mulai dari warung kopi hingga kampus, mulai dari Talk Show TV hingga arisan ibu-ibu," jelasnya dikutip dari VIVA.co.id, Selasa, 21 November 2023.

Presidential Club, Strategi Prabowo Dalam Menyatukan Mantan Pemimpin Bangsa

Adjie mengatakan, serangan dan hujatan itu malah membantu Gibran semakin dikenal. Ia hanya dikenal 69.4 persen di bulan Oktober 2023. Pada bulan November 2023 tingkat keterkenalan naik menjadi 87.1 persen.

"Naik sekitar 18 persen hanya dalam waktu sebulan. Serangan itu menjadi semacam marketing gratis yang dikerjakan oleh pihak lain, bahkan oleh kubu yang berseberangan dengannya," ujarnya.

Belajar dari Pengalaman, Luhut Sampaikan Pesan untuk Prabowo

Dari sisi angka kesukaan, kata dia, tidak banyak berubah angka kesukaan terhadap Gibran. Ada penurunan sebesar 0.8 persen, dari Oktober sebesar 77.8 persen menjadi 77.0 persen pada bulan November 2023.

"Tingkat kesukaan pada Gibran memang menurun di segmen pemilih terpelajar. Tapi di segmen pemilih kaum muda, dan pemilih yang puas dengan Jokowi, tingkat kesukaan pada Gibran justru menaik. Secara total, menurun di sini dan menaik di sana, membuat tingkat kesukaannya secara agregat relatif stabil," jelas Adjie.

Halaman Selanjutnya
img_title