Kartu Tani Sibedas, Ringankan Beban Petani di Kabupaten Bandung

Petani di Kabupaten Bandung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Program kartu tani Sibedas, salah satunya merealisasikan pengadaan pupuk ini disambut antusias oleh para kelompok tani selaku penerima manfaat bantuan di Kabupaten Bandung.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu dari Pemerintah! Pelajari Cara dan Syaratnya Sekarang!

Melalui program unggulan Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna ini, diharapkan pengadaan pupuk dapat menyuburkan lahan pertanian, sehingga produksi pertanian pun meningkat. Jika produksi meningkat, maka secara otomatis dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan para petani.

Selain itu diharapkan dapat meningkatkan daya saing bagi para petani di Kabupaten Bandung, khususnya dalam pemasaran produksi pertanian. Dengan harapan dapat  meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Bandung, khususnya dalam bidang daya beli atau keberlangsungan ekonomi masyarakat.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu melalui Kartu Prakerja 2024, Ikuti Langkah-langkahnya!

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggulirkan program kartu tani Sibedas ini merupakan bagian dari  pemberdayaan para petani. Dengan harapan para petani pun melakukan berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan usaha bertaninya. 

Untuk diketahui bahwa, kartu tani Sibedas ini tidak hanya untuk mendapatkan akses bantuan pupuk bersubsidi dari Pemkab Bandung. Tentunya para petani bisa mendapatkan akses bantuan bibit unggul bersertifikat. Selain itu akses mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah daerah, asuransi keselamatan kerja petani, pembelian hasil pertanian, pelatihan dan pengembangan usaha tani, serta akses terhadap beasiswa bagi keluarga petani.

Dinilai Berprestasi, Bupati Bandung Didorong Kembali Maju di Pilkada 2024

Program ini pula dinilai mampu memberikan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani, seperti akses terhadap sarana dan prasarana pertanian, permodalan, dan pemasaran hasil pertanian.

Sebut saja Aceng Anwar, Kelompok Tani Girilaya asal Kampung Ciheulang Tinggi RT 03/RW 17 Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung yang sudah memberikan bantuan melalui kartu tani Sibedas.

Halaman Selanjutnya
img_title