WHO Ungkap Hal yang Lebih Mematikan Daripada Bom di Jalur Gaza

Ilustrasi Anak kecil di Gaza
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Perang di jalur Gaza, Palestina kini sedang dalam jeda beberapa hari setelah gencatan senjata disepakati. Jeda perang ini dimanfaatkan untuk pembebasan tawanan oleh kedua belah pihak baik dari pihak Hamas maupun dari pihak Israel.

Respon Pemimpin Hamas Usai Tiga Anaknya Tewas Dirudal Israel

Namun di samping itu, organisasi kesehatan dunia, WHO menyebut ada hal yang lebih mematikan dibanding bom Israel di Gaza. Hal itu adalah penyakit yang timbul karena rusaknya fasilitas kesehatan pasca perang yang berkecamuk lebih dari satu bulan.

"Lebih banyak orang bisa meninggal karena penyakit dibandingkan akibat pemboman di Jalur Gaza jika sistem kesehatan dan sanitasi tidak diperbaiki," kata WHO, dikutip dari VIVA pada Rabu (29/11/2023).

7 Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2024, Gak Nyangka Israel Salah Satunya!

Berbagai infrastruktur kesehatan telah lumpuh karena kurangnya bahan bakar dan pasokan obat-obatan selain serangan yang memang ditargetkan ke rumah sakit sejak perang dimulai pada Oktober lalu.

“Pada akhirnya kita akan melihat lebih banyak orang meninggal karena penyakit dibandingkan akibat pemboman jika kita tidak dapat memulihkan sistem kesehatan ini,” kata Margaret Harris, juru bicara WHO, saat berbicara pada sebuah pengarahan di Jenewa, melansir Al Jazeera, Rabu, 29 November 2023. 

Ramai Seruan Boikot Ria Ricis, Ini Alasannya

Margaret Harris begitu perihatin atas penyerangan Rumah Sakit Al Shifa berikut ditahannya tenaga medis oleh tentara zionis Israel. Ia juga khawatir akan terjadinya peningkatan wabah dan penyakit yang menular di Gaza, seperti diare dan semacamnya.

Sementara laporan PBB mengatakan bahwa kondisi pengungsi di Jalur Gaza semakin memperihatinkan.

Halaman Selanjutnya
img_title