Hubungi Menhan Mesir, Prabowo : KRI Radjiman Belum Dapat Dekati Gaza

KRI dr. Radjiman
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Menteri Pertahanan (MENHAN) RI Prabowo Subianto berkomunikasi dengan Menteri Pertahanan Mesir Jenderal Mohamed Ahmed Zaki karena KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 belum dapat berlayar ke perairan dekat Gaza, Palestina.

Dugaan Malpraktik Rumah Sakit di Karawang, Seorang Bayi Meninggal Usai Disuntik Antibiotik

Prabowo menawarkan kapal bantu rumah sakitnya, KRI dr. Radjiman, kepada Pemerintah Palestina untuk merawat dan memberikan layanan kesehatan korban perang di Gaza, Palestina tetapi keputusan untuk berlayar perlu mendapatkan izin (clearance) dari pemerintah Mesir, mengingat wilayah Mesir di Sinai, yaitu El Arish, menjadi titik tempat pengumpulan bantuan ke Gaza, sekaligus lokasi terdekat untuk masuk wilayah Gaza, tepatnya di perbatasan Rafah. 

“Ini sudah saya lapor ke Presiden (Joko Widodo, red.), Menteri Pertahanan Mesir saya kontak terus sama beliau. 

Belajar dari Pengalaman, Luhut Sampaikan Pesan untuk Prabowo

KRI dr. Radjiman

Photo :
  • viva.co.id

Beliau minta ditahan dulu karena untuk berlabuh begitu banyak kapal menunggu,” kata Prabowo saat jumpa pers acara penyerahan Delapan Unit Helikopter H225M di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 1 Desember 2023.

Garut Diguncang Gempa M 6,5, Sebabkan Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Dia menegaskan kapal rumah sakit TNI AL itu belum diizinkan untuk berlayar memasuki perairan Mesir mendekati Gaza dalam beberapa minggu ke depan.

“Yang jelas dia mengatakan, kalau rumah sakit kapal minta ditahan dulu karena untuk merapatnya di sana, Menteri Pertahanan Mesir mengatakan belum bisa dalam beberapa minggu ini,” kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya
img_title