Tidak Ada Debat Cawapres Dianggap Untungkap Gibran!

Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar –Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengubah format debat pemilihan presiden (pilpres) 2024, KPU meniadakan format debat cawapres, hal lantas dianggab menguntungkan Gibran.

Dalam format debat yang ada, akan ada lima debat Pilpres 2024. Semuanya akan dihadiri calon presiden dan wakil presiden secara bersamaan.

 Tidak akan ada debat khusus yang dilakukan secara terpisah, seperti pada Pilpres 2018 yang hanya diikuti oleh calon presiden dan wakil presiden.

Gibran mengatakan bahwa dirinya akan mengikuti saja keputusan dari KPU.  "Kita ngikuti keputusannya KPU aja ya," jawabnya singkat, dilansir dari tvonenews.com, Sabtu (2/12/2023).

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, perubahan format ini dilakukan agar pemilih bisa melihat sejauh mana kerja sama masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Sehingga, kemudian supaya publik makin yakin lah teamwork antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat,” kata Hasyim

Meski demikian, KPU memastikan terdapat perbedaan porsi bicara masing-masing capres dan cawapres, tergantung agenda debat hari itu.

Merujuk pada UU Pemilu, debat dilakukan sebanyak tiga kali untuk calon presiden dan dua kali debat untuk calon wakil presiden.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Ikut Campur Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran