Ini Perjalanan Karir Politik Anas Urbaningrum Sebelum Dibui

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • tvonenews.com

JabarAnas Urbaningrum dikenal sebagai aktivis mahasiswa dan pemuda. Salah satu tokoh monumental yang memulai kiprah politiknya sejak usia sangat muda.

Ketua Umum PDIP Sudah Tahu Rencana Pembentukan Presidential Club

Pria kelahiran 15 Juli 1969 di Blitar itu mulai aktif di kegiatan politi sejak masih menjadi mahasiswa di Universitas Airlangga.

Diketahui, Anas Urbaningrum berhasil masuk Universitas bergengsi itu melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Anas mengambil jurusan Politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ia lulus pada tahun 1992. Tentunya, dengan nilai yang membanggakan.

Presidential Club, Strategi Prabowo Dalam Menyatukan Mantan Pemimpin Bangsa

Kemudian, rasa hausnya akan ilmu mengantarkan Anas Urbaningrum ke Universitas Indonesia. Di perguruan tinggi itu, Anas Urbaningrum melanjutkan studi magisternya dengan konsentrasi di bidang Politik. Ia menyelesaikan pendidikan masternya itu pada tahun 2000.

Bergabung di organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia, yakni Himpunan Mahasiswa Islami (HMI) telah mematangkan jiwa kepemimpinan Anas Urbaningrum. Anas kemudian terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) pada tahun 1997 dalam kongres di Yogyakarta.

Pemilu Usai, Anies Baswedan akan Lakukan Ini

Tak hanya di tataran mahasiswa, Anas Urbaningrum mulai merambat ke dunia praktis. Ia terpilih sebagai anggota tim seleksi Partai politik.

Disamping itu, Anas Urbaningrum juga menjadi tim revisi undang-undang Politik atau anggota tim tujuh yang menjadi Salam satu tuntutan Reformasi 1998.

Halaman Selanjutnya
img_title