Disebut Goblok, Anies Baswedan Tidak akan Lapor Polisi

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto sempat berkampanye di Pekanbaru, Riau beberapa hari yang lalu. Pada kesempatan tersebut, pria yang kini menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) itu seolah naik pitam saat menyinggung soal debat ketiga Pilpres 2024 Minggu, 7 Januari 2024 lalu.

Anies Baswedan Konsisten Gaungkan Perubahan Meski di Luar Kekuasaan

Saat itu, Prabowo ditanya oleh Anies Baswedan soal kepemilikan tanah yang mencapai ratusan ribu hektare.

"Ada pula yang nyinggung-nyinggung punya tanah berapa, punya tanah ini. Dia pintar atau goblok sih? Dia mengerti enggak ada HGU, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, itu tanah negara saudara," kata Prabowo saat berorasi.

Penjual Pigura di Subang Mulai Kebanjiran Order Pesanan Prabowo-Gibran

Umpatan kasar dengan kata 'Goblok' itu pun akhirnya sampai ke telinga Anies Baswedan. Namun, capres nomor urut 1 itu menegaskan tidak akan melaporkan Prabowo atas umpatan tersebut.

"Enggak (tidak akan melaporkan). Menurut saya begini, ini adalah proses demokrasi justru bagian dari penilaian bagi seluruh masyarakat," kata Anies dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Yusril Tanggapi Gugatan Anies dan Ganjar

Anies kembali mengingatkan bahwa dirinya sering menyampaikan pemimpin atau pemerintah tidak boleh anti kritik. Saat ini, lanjut Anies, Indonesia sedang dalam proses untuk hal tersebut.

"Kemarin 'kan beberapa kali saya sampaikan, kita ingin demokrasi ada kebebasan untuk mengkritik pemerintah. Pemerintah tidak boleh antikritik, pemerintah tidak boleh antisanggahan, sekarang sedang dalam proses," tuturnya.