Yenny Wahid Respon Pernyataan Gus Ipul Soal Tak Pilih Capres yang Didukung Abu Bakar Ba'asyir

Yenny Wahid
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid yakni Yenny Wahid akhirnya ikut buka suara terkait pernyataan Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul terkait imbauan agar tidak memilih capres yang didukung KH. Abu Bakar Ba'asyir.

Singgung PKB, Cak Imin Sebut Gus Ipul Makelar

Diketahui, KH. Abu Bakar Ba'asyir sempat ditahan selama kurang lebih 15 tahun karena dianggap terlibat dalam gerakan terorisme. Selain itu, ia dianggap tergolong dalam aliran Islam radikal.

Karenanya, Yenny sepakat dengan imbauan Gus Ipul terhadap warga NU agar tidak memilih calon yang didukung oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Jawa Tengah itu.

PBNU Tanggapi Seruan Gus Ipul soal Tak Pilih Capres yang Didukung Abu Bakar Ba'asyir

"Dalam politik ini semua yang berhaluan melawan pancasila saya rasa tidak perlu diberikan ruang terlalu besar dalam panggung politik di Indonesia," ujarnya dalam jumpa pers di High End, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

"Jadi karena kita semua sudah punya kesepakatan Indonesia ini filosofi dasarnya adalah soal pancasila," lanjut Yenny.

Gus Ipul Minta Warga NU Tak Pilih Capres yang Didukung Abu Bakar Ba'asyir dan Amien Rais

Yenny menambahkan bahwa ucapan Gus Ipul sebagai Sekjen PBNU sudah pas soal tidak memilih capres-cawapres yang didukung Abu Bakar Ba'asyir. Menurutnya, yang perlu diwaspadai adalah paham-paham yang anti atau yang berlawanan dengan Pancasila.

"Jadi dalam konteks itu, ucapan Gus Ipul itu sebetulnya sebagai Sekjen PBNU sudah pas. Nah kalau sebagai timses ya itu silakan dimaknai berbeda saja," ucap Yenny.

Halaman Selanjutnya
img_title