Ini Dia Sosok Kapolda Perempuan Pertama Berpangkat Jenderal Bintang 1

Mantan Kapolda Banten, Brigjen (Purn) Rumiah Kartoredjo
Sumber :
  • Istimewa

VIVa Jabar – Brigadir Jenderal (Brigjen) (Purn) Rumiah Kartoredjo merupakan polisi wanita (Polwan) pertama yang menjabat sebagai Kapolda di Indonesia.

Mengenal Suci Fauzi Karenina, Aktivis Perempuan yang Masuk Bursa Pilkada Cianjur

Rumiah dilantik pada Januari 2008, oleh Kapolri saat itu Jenderal Sutanto sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen Timur Pradopo yang dimutasi menjabat Kepala Selapa Lemdiklat Polri.

Ketika dilantik, Rumiah masih berpangkat Komisaris Besar (Kombes). Saat itu dia diharapkan mampu bersinergi dengan Pemprov Banten yang dipimpin seorang gubernur perempuan yakni Ratu Atut Chosiyah.

Siapkan Penembak Jitu, Pemudik Diimbau Waspada Kejahatan Jalanan

Anak keempat dari delapan bersaudara ini lahir dari keluarga polisi, ayahnya H. Kartoredjo merupakan polisi zaman Belanda yang bertugas di Pabrik Gula Mojoagung.

Wanita kelahiran Tulungagung, 19 Maret 1952 ini juga dikenal aktif dalam dunia olahraga. Rumiah bahkan pernah menjadi atlet daerah saat duduk di bangku sekolah.

Kapolri Angkat Bicara Soal Kapolda Jadi Saksi Kecurangan Pilpres

Pada tahun 1975, Rumiah melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Olah Raga (IKIP) Surabaya, sekarang dikenal sebagai Universitas Negeri Surabaya atau (Unesa).  

Selama masih berstatus mahasiswa, Rumiah sempat menjadi atlet nasional softball dan berlaga di SEA Games sampai akhirnya meraih medali emas.

Halaman Selanjutnya
img_title