Prabowo-Gibran Menang Telak, Amerika Serikat Belum Berani Ucapkan Selamat

Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Sumber :
  • IG Potus

JabarPemilu 2024 di Indonesia telah berlangsung dengan lancar dan damai. Namun, belum ada ucapan selamat dari salah satu sekutu penting Indonesia, yaitu Amerika Serikat (AS).

Penjual Pigura di Subang Mulai Kebanjiran Order Pesanan Prabowo-Gibran

Padahal, hasil quick count dari berbagai lembaga survei sudah menetapkan kemenangan telak pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Mengapa AS masih bungkam? 

Menurut John Kirby, penasihat komunikasi keamanan nasional AS, alasan utama AS belum mengucapkan selamat adalah karena mereka masih menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia. Kirby mengatakan bahwa AS menghormati proses demokrasi di Indonesia dan tidak ingin terburu-buru.

Gedung Putih Beri Mandat NASA untuk Membuat Zona Waktu Bulan

"Kami akan menyampaikan ucapan selamat kami pada waktu yang tepat. Saya tidak bisa memberi Anda tanggal pasti atau waktu pasti karena saya memahami bahwa hasilnya masih akan diumumkan dalam waktu lama,” kata Kirby dalam pengarahannya di Gedung Putih, melansir VOA, Jumat, 16 Februari 2024, dikutip dari VIVA Grup.

"Kami akan menghormati pemilu dan suara rakyat Indonesia," lanjutnya.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam Disorot Media Amerika Serikat

Kirby juga menegaskan bahwa AS tetap menjadikan hak asasi manusia sebagai prioritas dalam kebijakan luar negerinya. Ia mengatakan bahwa Presiden Joe Biden selalu membahas isu ini dalam setiap pertemuan dengan pemimpin asing, termasuk dengan Prabowo jika nanti ia menjadi presiden Indonesia.

“Tak ada satu pun pembicaraan yang dilakukannya di manapun di dunia ini dengan pemimpin asing ia tidak membicarakan masalah ini, dan selalu mengungkapkan perhatian mengenai hak asasi manusia dan hak sipil, dan itu tak akan berubah,” jawabnya.

Halaman Selanjutnya
img_title