AS Tunda Ucapan Selamat Kemenangan Prabowo, Ada Apa?

Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Sumber :
  • IG Potus

Jabar –Dalam gelombang ucapan selamat yang mengalir dari berbagai penjuru dunia, Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 2, menonjol sebagai figur yang diperhitungkan dalam politik global setelah kemenangannya yang gemilang di Pemilu Presiden Indonesia 2024.

MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres, Dedi Mulyadi : Prabowo Dipilih Hati Nurani Bukan Bansos

Berdasarkan hasil hitung cepat dan real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), Prabowo telah mendapatkan pengakuan luas atas prestasinya.

Namun, terdapat satu absensi mencolok dalam daftar panjang penghormatan internasional: Amerika Serikat.

Ruhimat-Agus Masykur Jilid 2? PKS Subang Usulkan 3 Nama Bakal Calon Bupati ke DPP

Negara adidaya ini belum mengucapkan selamat kepada Prabowo, sebuah langkah yang menurut Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana, mencerminkan keinginan AS untuk bertindak hati-hati.

"Dalam konteks Joe Biden ungguli Trump ada proses yang sama dengan yang kita alami di Indonesia. Mungkin Presiden Biden hati-hati sekali mengucapkan selamat kepada pak Prabowo," ujar Hikmahanto dalam perbincangan di tvOne, Kamis, 14 Maret 2024.

Presiden Korea Selatan Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Hikmahanto yakin bahwa penundaan ini bukanlah indikasi adanya motif politik yang dapat merusak hubungan bilateral, melainkan hanya masalah teknis.

"Ini masalah teknis saja, mungkin dari sisi Amerika Serikat ingin lebih hati-hati ucapkan selamat ke pak Prabowo," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title