Pemudik Motor Padati Pelabuhan Ciwandan, Polisi Terapkan Buka Tutup

Pelabuhan Ciwandan dipadati pemudik Motor
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Terpantau pada Kamis, 20 April 2023 pagi lalu lintas di pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten terus dipadati oleh ribuan pemudik dengan menggunakan sepeda motor. Untuk mengatasi kemacetan dan padatnya arus lalu lintas tersebut, polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas sejak pukul 05.00 hingga 06.00 WIB.

Jalan Kalimalang Mulai Dipadati Pemudik Motor, Puncak Arus Mudik Diprediksi Malam Ini

Arus kendaraan dari Kota Cilegon menuju Anyer dialihkan ke arah kawasan Industri Krakatau Steel menuju Jalan Lingkar Selatan (JLS) hingga ke Pertigaan Ciwandan.

Di Pertigaan Ciwandan tersebut, polisi melakukan penyekatan untuk pemudik sepeda motor. Sistem buka tutup akan dilakukan secara situasional dengan melihat kebutuhan dan kondisi di pelabuhan Ciwandan.

Como Sempat Dibeli Istri Eks Bintang Persib Sebelum Diakuisisi Orang Kaya Indonesia

Selain penyekatan, polisi juga kembali memberlakukan contra flow di JLS, agar aktivitas masyarakat tetap berjalan. Lantaran satu bahu jalan dijadikan kantung parkir sebelum masuk ke dalam Pelabuhan Ciwandan.

"Supaya tidak terjadi crossing di sepanjang jalur arteri, kita lakukan penyekatan untuk roda dua maupun angkutan barang yang akan menuju Pelabuhan Ciwandan. Kemudian nanti ada jalur di sebelahnya, kita manfaatkan ada dua lajur, satu untuk contra flow untuk lalu lintas masyarakat sekitar," kata perwira pengendali Pelabuhan Ciwandan, Kompol Ali Rahman, Kamis, 20 April 2023.

Erick Thohir Usahakan 3 Pemain Naturalisasi Terbaru Tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menurutnya, penyekatan sudah dilakukan sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, 18-19 April 2023. Pemudik sepeda motor secara bergantian mengantre masuk ke Pelabuhan Ciwandan sampai masuk ke dalam kapal yang menyebrangkan mereka ke Lampung.

Kompol Ali Rahman memperkirakan ada puluhan ribu sepeda motor yang menyebrang dari Pulau Jawa menuju Sumatera, melalui Pelabuhan Ciwandan. Sedangkan pemberlakuan buka tutup dan rekayasa lalu lintas dilakukan situasional.

Halaman Selanjutnya
img_title