World Water Forum Segera Digelar, Perumda TRS Berharap Ada Kejelasan Regulasi dan Solusi

Dirut Perumda TRS Lukman Nurhakim, saat mengecek kekuatan Pipa.
Sumber :

Jabar –Perhelatan World Water Forum ke- 10 akan digelar di Bali pada bulan Mei 2024.

Kadisdik Jabar Resmikan Dome Lapangan Serbaguna SMKN 1 Garut

Forum internasional yang menjadi salah satu tonggak percepatan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs), yakni akses air bersih dan sanitasi layak akan menjadi ajang komunikasi para pemangku kepentingan untuk saling berkolaborasi dalam mencari solusi atas permasalahan air di dunia.

"Kami dari perusahaan pengelolaan air bersih minum daerah berharap, dalam ajang tersebut timbul kebijakan pemerintah yang berpihak pada pemanfaatan dan pengelolaan air bersih," ujar Direktur Utama Perumda Tirta Rangga Subang, Lukman Nurhakim kepada Viva Jabar, Sabtu (28/4)

Audit Dilakukan, IRDA Subang Temukan Ratusan Potensi Pelanggaran

Air bersih menjadi isu strategis, karena komoditasnya yang memiliki nilai ekonomis,dan melingkupi hajat hidup orang banyak. Lukman menyatakan ada beberapa persoalan problematik di daerah.

Mulai dari mitigasi resiko bencana alam (natural disaster). Ketika terjadi bencana mungkin tidak menyebabkan banyak korban. Namun efeknya warga akan kesulitan mendapatkan air bersih.

Dinkes Jawa Barat Berkomitmen Pelayanan Publik Berbasis HAM

"Itu terjadi beberapa waktu yang lalu di Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan. Di mana 40 ribu pelanggan Perumda TRS, kesulitan air bersih saat longsor menerjang mata air disana," jelas mantan pimpinan perusahaan di salah satu media lokal di Subang tersebut.

Selanjutnya, pembatasan pemanfaatan mata air, wacana itu harus ada regulasi yang jelas karena kebutuhan akan air bersih terus melonjak tiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
img_title