Polisi Sebut Pelaku Penembakan Kantor MUI Pernah 'Berulah' di DPRD Lampung

Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat
Sumber :
  • Dok Polri

VIVA JabarPelaku penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, Mustopa NR ternyata pernah berkasus juga di Lampung pada tahun 2016. Yang bersangkutan pernah melakukan perusakan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lampung.

MUI Ungkap Alasan Larang Film Kiblat Tayang di Bioskop

"Kami telah melakukan database, mendapat informasi kalau benar ini (Mustopa) pelaku (penembakan kantor MUI pusat) memang dari catatan ada file kasus dari catatan kepolisian yang kami dapat. Kasus yang pernah dilakukan pelaku merusak di salah satu fasilitas objek vital di kantor DPRD Lampung tahun 2016," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Lampung, Komisaris Besar Polisi Zahwani Pandra Arsyad kepada wartawan, Selasa 2 Mei 2023.

Kata Pandra, terkait kasus itu sendiri yang bersangkutan telah menjalani sidang dan dapat hukuman penjara oleh pengadilan. Tapi, tidak dirinci berapa lama putusan yang diterima. Kini, lanjutnya, Polda Lampung pun berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait kasus terbaru yang dilakukan Mustopa.

Eks Anggota Dewan Subang dari Golkar Dituntut 3 Tahun Penjara Korupsi Dana Pokok Pikiran

"Sudah jalani hukuman berdasar putusan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat dikabarkan diserang oleh orang tak dikenal. Aksi penyerangan ini viral di media sosial salah satunya diunggah akun Twitter @facialwashh.

PDIP Loloskan Wajah Baru ke DPRD Provinsi Jawa Barat

"Terjadi penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia Jakarta oleh orang tak dikenal," seperti dikutip dari akun Twitter @facialwashh, Selasa, 2 Mei 2023.

Dalam cuitan tersebut, nampak sebuah foto yang ditampilkan berupa pecahan kaca di Kantor MUI Jakarta. Tak hanya itu, ada juga sebuah pistol yang diduga digunakan dalam penyerangan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title