Lebih Memilih Kader Internal, Parpol di Subang PHP Bakal Calon dari Eksternal

Merry Langoy saat daftar di PKB Subang.
Sumber :

Jabar, VIVA - Dalam proses penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang oleh parpol, ternyata DPP lebih memprioritaskan kader internal daripada eksternal yang dipenuhi wajah-wajah baru.

Disdikbud Subang Imbau 12 Ribu Tenaga Pendidik Netral di Pilkada Subang

Bahkan banyak kader eksternal yang gigit jari karena tidak menjadi skala prioritas. Padahal dalam mengikuti tahapan, para Bakal Calon tersebut sudah mengeluarkan banyak tenaga, pikiran termasuk dana untuk ikut serta dalam kontestasi Pilkada Subang.

"Lebih pada kaderisasi internal. Sehingga para calon dari Eksternal sulit untuk bersaing," ujar salah satu Bakal Calon Bupati Subang Merry Langoy kepada Viva Jabar, Selasa (20/8 ).

Kades Dukung Cabup, Sekretaris Umum Aslina: Bubarkan Saja Bawaslu!

Menurutnya, langkah parpol di daerah, provinsi hingga pusat lebih memprioritaskan kader internalnya untuk berlaga di Pilkada. Selain merujuk pada tingkat survei dan faktor kedekatan dengan elit-elit politik.

Merry mengatakan, seandainya ia tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP Pusat. Maka proses ikhtiar yang dijalaninya tersebut akan menjadi pelajaran untuk kedepannya untuk berpolitik. Meskipun tenaga, pikiran, dana sudah tercurah untuk ikut dalam kontestasi Pilkada.

Digaji Rp2,1 Juta Per Bulan, Pengamat: Katanya Rugi Kok Nyalon Lagi?

"Gak kecewa tuh, legowo saja, " ucap Merry.

Notaris kondang di Subang itu pun berencana masuk ke salah satu Parpol di Subang setelah Pilkada 2024 usai. Selain memantapkan posisi di politik praktis, kecenderungan akan skala prioritas menjadi pusat perhatiannya.

Halaman Selanjutnya
img_title