Polri dan Polisi Filipina Bongkar Jaringan Scamming Internasional, Pelakunya Ada Ribuan Orang

Polri Bekerjasama dengan Polisi Filipina Bongkar Kejahatan Scamming
Sumber :
  • Istimewa

Jabar – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersama Philipine National Police (PNP) bekerja sama membongkar jaringan scamming internasional terbesar di Filipina

Kesiapan Persib Hadapi Bhayangkara FC Tanpa Kevin Mendoza

Dari hasil pengungkapan, setidaknya ada sekitar seribu pelaku dari berbagai negara termasuk Indonesia.

"Atase Polri bekerja sama dengan Kepolisian Philipina membongkar jaringan scamming internasional di sana. Dari hasil pengungkapan Kepolisian di sana, ditemukan pelaku dan pekerja sekitar seribu lebih yang melakukan kejahatan scamming," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Senin, 8 Mei 2023.

Gasak Vietnam Jadi Kemenangan Pertama Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia Setelah 19 Tahun

Sandi menuturkan, ribuan pelaku tersebut berasal dari berbagai negara mulai dari China, Filipina hingga Indonesia dan ada 154 Warga Negara Indonesia (WNI).

"Dari 154 orang WNI tersebut, 9 orang jadi saksi dan 2 sebagai tersangka. Sisanya masih terindikasi korban. Namun penyelidikan masih berkembang," kata Sandi.

Kalah dari Indonesia, Pelatih Vietnam Buat Pengakuan Mengejutkan Soal Timnya

Untuk 2 orang WNI yang jadi tersangka, Sandi menuturkan akan diproses sesuai hukum di Filipina. 

"Dittipidum Bareskrim Polri akan mengirimkan tim penyidik ke Manila dalam waktu dekat guna melakukan penyelidikan bersama kepolisian setempat. Untuk pemulangan para pelaku lainnya dikoordinasikan oleh Kemenlu," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title