Disparbud Jabar Fasilitasi Pameran Seni Rupa yang Digelar Seniman Kota Cirebon

Pameran Lukisan di Cirebon
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat memfasilitasi pameran seni rupa yang diadakan para seniman di Kota Cirebon dalam rangka memperingati Hari Menggambar Nasional. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Creative Center Kota Cirebon, 6-13 Mei 2023.

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

"Kami dari Disparbud memfasilitasi pameran seni rupa ini dan diharapkan bisa terus tumbuh untuk ekonomi kreatif," kata Rispiaga selaku Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Jabar.

Menurutnya, Pemprov Jabar memiliki kepedulian dalam mendukung para pelaku ekonomi kreatif atau seniman untuk menunjukkan karya mereka kepada publik, seperti adanya Gedung Pusat Kreatif Cirebon yang berada di kawasan Gedung Negara. Gedung itu, kata dia, bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang positif, salah satunya pameran karya seni rupa.

Jadi Tuan Rumah, Pemkab Purwakarta Pastikan Kesiapan Venue Popwilda Jabar

"Kegiatan pameran ini penting untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Cirebon memiliki pelukis handal," tuturnya.

Ia menambahkan pameran tersebut juga diharapkan dapat memberi peluang bisnis dan pemasaran hasil karya seni para seniman. Sehingga produk atau hasil karya mereka dapat dipasarkan serta mampu bersaing dengan produk luar, dan sekaligus bisa menggali budaya Cirebon yang sangat kaya.

Disdik Subang Tak Cantumkan Ijazah Madrasah Sebagai Syarat Masuk SMP, Kenapa?

"Apa yang dilakukan komunitas ekonomi kreatif di Cirebon dapat berdampak signifikan. Apalagi Cirebon memiliki budaya yang sangat kaya," katanya.

Sementara itu, Jery selaku salah satu pelaku seni asal Kabupaten Indramayu mengaku sudah mengikuti pameran beberapa kali dan kali ini dirinya membawa karya seni yang dibuat menggunakan ampas kopi.

Halaman Selanjutnya
img_title