Kunjungi Lokasi Longsor, Ono Surono Dorong Pemerintah Cepat Tanggap

Ono Surono Kunjungi lokasi longsor
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kejadian longsor di Desa Parakan, Kampung Cipulae Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, memantik perhatian dari berbagai kalangan. Termasuk dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono. Ia berkunjung ke lokasi bencana itu pada Senin, 8 Mei 2023.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Garut, Nikmati Keindahan Alam yang Memanjakan Mata!

Sebanyak lima rumah rusak, satu madrasah tertimbun, satu masjid rusak serta 49 rumah masuk kategori terdampak longsor yang terjadi pada Sabtu, 6 Mei 2023 dini hari itu.

"Garut adalah daerah rawan bencana seperti banjir, longsong dan gunung berapi, sehingga seyogyanya Pemerintah memberikan perhatian khusus, dari mulai mitigasi kemudian pembangunan infrastruktur untuk pencegahan, penataan lingkungan dikawasan gunung, hutan dan lahan pertanian yang sudah banyak terjadi kerusakan dan alih fungsi lahan," kata Ono di lokasi bencana.

7 Tempat Ngabuburit Asyik di Garut: Rekomendasi Berwisata Sambil Menanti Adzan Magrib

Pada kesempatan tersebut, Ono menegaskan pemerintah daerah juga harus memiliki langkah  penanganan bencana, dari mulai harus ada lumbung sosial, relokasi serta perbaikan sarana prasarana warga.

Ono pun yakin apabila Pemerintah melakukan itu, maka antisipasi terjadinya bencana dapat dilakukan termasuk penanganannya akan berjalan dengan baik. 

Merawat Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Garut

"Rakyat juga perlu diberikan edukasi dalam hal mitigasi bencana sehingga informasi potensi bencana akan didapat dengan baik," tutur anggota Komisi IV DPR RI ini.

Dalam kunjungannya tersebut, Ono Surono didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Garut, Anggota DPRD, Kepala BPBD Garut dan Camat Samarang.

Halaman Selanjutnya
img_title