Penerbangan Kertajati-Kuala Lumpur Resmi Beroperasi, Momentum Bangkitkan Pariwisata Ciayumajakuning

Kertajati-Kuala Lumpur resmi beroperasi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akhirnya membuka penerbangan internasional. Mulai Rabu 17 Mei 2023, BIJB melayani penerbangan Air Asia dengan rute Kertajati ke Kuala Lumpur Malaysia dan sebaliknya.

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

“Hari ini, 17 Mei 2023, Air Asia resmi merayakan penerbangan perdana dari Kuala Lumpur ke Kertajati, Jawa Barat, Indonesia. Peluncuran rute baru ini menandai Air Asia sebagai maskapai berbiaya rendah pertama yang terbang internasional dari dan menuju Kertajati pasca pandemi. Dengan rute baru ini, diharapkan lebih banyak penduduk lokal dan turis akan mendapatkan kesempatan untuk melihat-lihat kota kuno Kertajati dan daerah serta tempat wisata sekitarnya,” bunyi pernyataan resmi Air Asia.

Hal tersebut tentu menjadi peluang untuk membangkitkan sektor pariwisata di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning). Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menyampaikan bahwa momentum ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya pelaku usaha pariwisata, seni budaya, dan ekonomi kreatif.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

“Dengan aktifnya BIJB Kertajati, kami (Disparbud Jabar) ditugaskan untuk mengembangkan potensi daya tarik wisata di Cirebon Raya maupun Majalengka, Indramayu, dan Kuningan,” ucap Kadisparbud Jabar.

“Ada banyak sekali potensi wisata di wilayah Ciayumajakuning. Pilihan kulinernya juga beragam dan menarik seperti empal gentong, garang asam, dan sebagainya. Tentu kami senang, apalagi BIJB ini aksesnya sudah tersambung dengan jalan tol Cisumdawu,” tambahnya.

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

Untuk sementara, penerbangan Kertajati-Kuala Lumpur dan sebaliknya dilakukan dua kali dalam seminggu. Ke depannya, ada peluang besar untuk menambah waktu penerbangan karena dinilai memudahkan bagi sebagian masyarakat Jawa Barat maupun Jawa Tengah.

“Saya yakin di bulan-bulan yang akan datang, penerbangan bakal bertambah karena potensi pasar yang dimiliki Jawa Barat maupun Jawa Tengah merupakan bagian yang dapat diambil oleh Kertajati. Mudah-mudahan secepatnya aktivitas Kertajati akan semakin ramai dan memberikan manfaat baik bagi pemerintah itu sendiri maupun masyarakat,” tutur Kadisparbud.

Halaman Selanjutnya
img_title