Pelatihan SWJ Ambassador 2023 Chapter Bandung Raya Resmi Dibuka

Pelatihan SWJ Ambassador 2023 Chapter Bandung Raya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat memberikan pelatihan content creator kepada sejumlah peserta yang terpilih mengikuti program Smiling West Java Ambassador 2023 untuk area Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung, Senin 22 Mei 2023.

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

Dari 1.000 peserta yang lolos SWJ 2023, terdapat 350 orang yang berasal dari wilayah Bandung Raya. Mereka mendapatkan bimbingan teknis tentang kepariwisataan, fotografi, videografi, content creator, story telling, dan lain sebagainya.

Jalannya kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Menurutnya konsep SWJ Ambassador sangat menarik karena turut memberdayakan banyak pihak, antara lain content creator, pelaku usaha pariwisata, pelaku ekonomi kreatif, pelaku kebudayaan, dan tahun ini ditambah pengelola desa wisata.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

“Konsep SWJ Ambassador 2023 menjadi sangat menarik ketika muncul pemberdayaan masyarakat di desa wisata untuk menjadi content creator. Mereka nantinya akan mempromosikan wilayahnya masing-masing. Ini sesuai dengan tema Empowering Local Content Creator,” ucap Wagub Jabar.

“Para content creator atau kita anggap sebagai duta promosi pariwisata ini harus memiliki kecintaan pada daerahnya. Karena dengan kecintaan, maka dapat memberi pelayanan pada daerah dengan setulus hati. Menjadi duta promosi pariwisata adalah sebuah kehormatan karena terpilih berada di garis depan sekaligus di titik sentral pariwisata Jawa Barat,” tuturnya.

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

Setelah mendapatkan pelatihan serta bimbingan teknis, para peserta akan disebar ke 387 desa wisata di 27 kabupaten/kota Jawa Barat. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtar, program ini tak hanya sebagai upaya untuk mempromosikan dan memajukan potensi desa wisata. Namun juga untuk mengoptimalkan pengembangan ekosistem ekonomi kreatif sub sektor film, animasi, dan video yang dalam hal ini diaplikasikan sebagai content creator.

Disparbud Jabar menyelenggarakan program SWJ Ambassador yang merupakan pengembangan ekraf, khususnya content creator degan melibatkan masyarakat di desa wisata. Tujuannya untuk meningkatkan promosi pariwisata, kebudayaan, dan ekonomi kreatif di wilayahnya,” kata Kadisparbud Jabar.

Halaman Selanjutnya
img_title