Erdogan Kembali Terpilih, Komunitas LGBTQ di Turki 'Was-was'

Ilustrasi bendera LGBT
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Komunitas LGBTQ di Turki takut terkena lebih banyak kebencian homofobia setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan yang konservatif menjadikan mereka "target favoritnya" untuk kampanye pemilihan ulang yang sangat memecah belah.

Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial

Pemimpin yang teguh akan hukum Islam tersebut terus-menerus mencerca para warga LGBTQ di saat ia kampanye, menuduh mereka mengancam nilai-nilai keluarga tradisional dan menyebut mereka "sesat".

Dia juga menyerang penantang oposisi, Kemal Kilicdaroglu karena berjanji untuk “menghormati keyakinan, gaya hidup, dan identitas semua orang,” termasuk komunitas LGBTQ.

Kapolri Angkat Bicara Soal Kapolda Jadi Saksi Kecurangan Pilpres

Setelah memperpanjang kekuasaannya selama dua dasawarsa hingga 2028 dalam pemilihan putaran kedua yang bersejarah pada Minggu, Erdogan menggunakan kesempatan itu untuk menarget komunitas LGBTQ lagi ketika dia menyapa para pendukungnya di Istanbul.

“Apakah CHP LGBT? Apakah HDP itu LGBT?” tanyanya, mengacu pada partai sekuler Kilicdaroglu dan kelompok utama pro-Kurdi yang mendukung aliansi oposisi, melansir Times of Israel.

Prabowo-Gibran Berjaya di Kepri, Raihan Suara Bikin Heboh

"Ya!" kerumunan meraung sebagai jawaban.

Erdogan melanjutkan pantomim dengan bertanya kepada para pendukungnya yang bersemangat apakah partai AKP yang berkuasa ramah terhadap LGBTQ.

Halaman Selanjutnya
img_title