Kisah Darmiah Jamaah Haji Asal Aceh Utara yang Tunanetra

Jamaah Haji Tunanetra tahun 2023 Asal Aceh, Darmiah Muhammad Amin
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Terhitung pada hari ke-9 sejak awal pemberangkatan, di hari Kamis (1/6/2023) sebanyak 51.014 jamaah haji asal Indonesia telah tiba di Madinah, Arab Saudi. Jumlah tersebut berasal dari 134 Kelompok Terbang (Kloter). 

Sosok Istri Baru Habib Rizieq, Ternyata Berstatus Mahasiswi Aktif Semester 3

Menariknya, dari puluhan ribu jamaah haji asal Indonesia, ada seorang jamaah wanita berkependudukan Aceh Utara (BTJ). Namanya Darmiah Muhammad Amin. Ia adalah seorang tunanetra. Berangkat dari Kloter 8.

Kendala fisik yang ada, tak menyurutkan niat mulianya untuk berangkat ke Tanah Suci. Darmiah berangkat haji bersama suami dan adiknya.

Lepas Status Duda, Habib Rizieq Bakal Nikahi Sosok Wanita Ini

Sontak saja, Darmiah menjadi sorotan jamaah haji lainnya. Saat keluar dari pintu pemeriksaan imigrasi, Darmiah yang berusia 67 tahun ini, tampak didorong dengan kursi roda.

Darmiah tiba di Bandara Ameer Mohammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah, pada Rabu, 31 Mei 2023. Darmiah mengaku, buta yang dialaminya akibat glaukoma. Dan sejak 6 tahun terakhir, Darmiah tak bisa lagi menatap indahnya dunia. Padahal, saat mendaftar haji 11 tahun lalu dia masih bisa melihat.  

Ashanty akan Umroh di 10 Hari Terakhir Ramadan, Bakal Rayakan Lebaran di Tanah Suci

"Sudah enam tahun. (Saat daftar haji) masih sehat, masih bisa melihat," ujarnya, Rabu, 31 Mei 2023 di Bandara AMAA Madinah dilansir dari viva.co.id

Darmiah menceritakan perjalanannya dari Lhoksukon, Aceh Utara. Selama penerbangan dari Aceh sampai Madinah, Darmiah merasa kondisinya sehat. 

Halaman Selanjutnya
img_title