Gubernur Jabar Ajak Peserta Didik Optimis Hadapi Masa Depan

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarGubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengajak peserta didik untuk optimis menghadapi masa depan. "Adik-adik harus optimis karena optimis adalah bahan bakar kehidupan," ucap Gubernur saat memberi motivasi kepada siswa di SMKN 1 Majalengka, Rabu (7/6/2023).

Kuliner Terlupakan: 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Hampir Punah

Dua dekade ke depan, menurut Gubernur, Indonesia diprediksi menjadi negeri adidaya ke-4 di dunia. "Cara mencapai itu adalah pendidikannya harus nyambung dengan tantangan zaman. Jangan sampai pendidikannya kurang relevan dengan zaman," ujarnya.

Untuk menggapai masa depan, tambahnya, salah satu bidang ekonomi yang harus dikuasai adalah ekonomi energi terbarukan.

Agenda Pembacaan Eksepsi, JPU Sebut Kuasa Hukum Yosep Kurang Cermat

Gubernur menjelaskan, ada tiga hal yang harus dimiliki agar bangsa Indonesia siap menuju kondisi tersebut. Yakni, kuasai ekonomi digital, tidak ada stunting, dan kendalikan kondusivitas. 

Ia pun berpesan kepada para guru bahwa guru adalah pengganti orang tua. "Jadi, jangan hanya belajarnya saja, tapi kanyaahnya juga harus ada untuk siswa," pesannya. 

Retribusi Parkir Menguap Rp500 Juta Lebih, Dishub Akan Tindak Jukir Liar

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Majalengka, Nana Sujana mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya ini telah mendapatkan banyak prestasi. Mulai dari menjadi SMK BLUD, SMK Pusat Keunggulan serta berkembangnya teaching factory dari berbagai jurusan. Salah satunya, motor listrik yang dibuat oleh siswa kompetensi keahlian teknik sepeda motor.

Selain dihadiri Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya, peninjauan tersebut juga dihadiri oleh Asisten Daerah I Pemprov Jabar, Dedi Supandi, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Dewi Nurhulaela serta Sekda Kab. Majalengka, Eman Suherman.