Saksikan Kirab Budaya HUT Majalengka, Kadisparbud Jabar: Ini Wujud Keharmonisan Antar Daerah

Kirab HUT Majalengka
Kirab HUT Majalengka
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menghadiri Kirab Budaya dan Pawai Pembangunan di Gelanggang Generasi Muda, Majalengka, Kamis 8 Juni 2023. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Majalengka ke-533.

Berbagai kesenian tradisional ditampilkan dan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Menurut Kadisparbud Jabar, acara tersebut sangat luar biasa karena bisa menyatukan beragam seni budaya daerah.

“Alhamdulillah hari ini saya menyaksikan parade seni atau kirab budaya yang diikuti 10 kabupaten/kota perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ini sangat luar biasa sekali antusiasmenya. Ini salah satu bagian untuk mempererat persaudaraan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Kadisparbud Jabar.

Selain tuan rumah Majalengka, Kirab Budaya juga diikuti daerah lainnya seperti Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Indramayu. Bahkan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes, dua daerah dari Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat juga ikut meramaikan kegiatan ini.

“Dalam kirab budaya ini semua menampilkan atraksi-atraksi terbaiknya dan itu menarik sekali sebagai upaya pelestarian kearifan lokal. Pak Gubernur juga menginstruksikan agar kegiatan ini diadakan juga di daerah lain. Semoga ke depannya bisa dilakukan dengan baik,” ucap Kadisparbud Jabar.

Selain Kirab Budaya dan Pawai Pembangunan, kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Majalengka juga diisi dengan kegiatan-kegaiatan lain yaitu Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan (Porsenitas) ke-10, Pameran Produk UMKM, dan Festival Seni Budaya.