Panji Gumilang Ragukan Alquran: Bukan Kalam Allah, Tapi Kalam Nabi Muhammad

Panji Gumilang ragukan Alquran bukan kalam Allah
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang kembali melontarkan pernyataan kontroversial saat menyampaikan ceramah di depan santrinya.

Nikita Mirzani Ungkap Alasan Tak Bisa Akur Lagi dengan Lolly: Patah Hati

Melalui video yang dibagikan akun TikTok @herypatoeng pada Senin, pria berusia 76 tahun itu meragukan kebenaran Alquran sebagai firman Allah atau firman Allah SWT.

Menurutnya, kitab suci umat Islam bukanlah ucapan langsung yang disampaikan Allah, melainkan karangan Nabi Muhammad yang diterima dari wahyu.

Ada Sejak Zaman Rasulullah, Ini Keutamaan Tadarus yang Jadi Tradisi di Bulan Ramadan

Bukan kalam Allah SWT, tapi kalam Nabi Muhammad yang didapat daripada wahyu," ujar Panji Gumilang dikutip Selasa, 13 Juni 2023.

Sementara itu, Panji mengaku memiliki dasar atas pernyataan tersebut. Menurutnya hal ini telah disampaikan oleh Nabi Muhammad melalui mulutnya.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

“Nabi Muhammad sudah mendeklarasikan ‘Dzalikal kitabu la’ itu Nabi Muhammad yang mendeklarasikan itu, atas wahyu Ilahi,” ungkapnya.

Panji menyebut, jika Allah berbicara dengan bahasa Arab maka ia khawatir orang yang tidak mengerti akan kesulitan. “Nah, kalau Allah berbahasa Arab, susah nanti ketemu dengan orang Indramayu. ‘Prewek’ nggak ngerti, gusti Allah nggak ngerti artinya,” sambung Panji sambil tertawa.

Halaman Selanjutnya
img_title