PPDB SMA, SMK, SLB Jabar Tahap 1 Berjalan Lancar

PPDB Jabar tahap 1 berjalan lancar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahap 1 berjalan lancar.

Apresiasi Penyerapan Gabah, Direksi Perum Bulog RI Sambangi Petani Pantura

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya mengungkapkan, untuk tahap 1 ini, sistem pelayanan PPDB berjalan cukup lancar. "Secara umum, PPDB tahap 1 berjalan lancar. Hanya, ada jeda ketika proses update versi dari aplikasi, namun hal tersebut dapat segera ditangani," ungkap Kadisdik, Rabu (14/6/2023). 

Kendala terkait pendaftaran yang banyak dialami oleh pendaftar, menurut Kadisdik, adalah perubahan kartu keluarga (KK) yang belum update sehingga pendaftar harus ke Disdukcapil untuk proses tersebut.

Suami Mutilasi Istri, AKBP Akmal : Kami Pisahkan dari Tahanan Lain

"Untuk mengantisipasi hal ini, kami bekerja sama dengan Disdukcapil mendatangkan mobil layanan ke tempat informasi dan pengaduan di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat," tuturnya.

Kadisdik menjelaskan, setiap tahun sistem PPDB di Jabar terus dibenahi sesuai evaluasi yang dilakukan. "Sehingga, kekurangan di tahun-tahun sebelumnya kami perbaiki di tahun ini untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat," jelasnya. 

Sekda Purwakarta Tinjau Lokasi Bencana Tanah Bergerak di Pesanggrahan

Untuk permasalahan dan pengaduan PPDB, pihaknya menyediakan kanal pengaduan resmi secara online dan offline. "Hingga saat ini, jumlah pengaduan yang masuk secara offline sebanyak 178 dan online (916). Alhamdulillah, ini juga sudah tertangani dengan baik," ungkapnya.

Meski pendaftaran dilakukan secara daring, tambahnya, namun satuan pendidikan tetap melayani calon pendaftar yang memiliki kendala. Mulai dari informasi PPDB, kesulitan sinyal hingga keterbatasan perangkat.

Halaman Selanjutnya
img_title