Makin Banyak, 488 Perempuan di Pamekasan Menjanda, Ini Penyebabnya

Janda muda asal Malaysia, Noranah Roni
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Terhitung sejak bulan Januari hingga bulan Mei 2023, kasus perceraian di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengalami peningkatan. Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Gerbang Salam itu telah menerima sebanyak 592 permohonan cerai, dan sebanyak 488 sudah dikabulkan.

Ria Ricis Resmi Cerai dari Teuku Ryan, Apa Langkah Selanjutnya?

Menurut Staf Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Pamekasan, Suci Kurniawati Putri, diantara pemohon yang mengajukan perceraian tersebut didominasi oleh perempuan. Ada sebanyak 413 orang pemohon dengan permintaan cerai, sementara sebanyak 179 orang dengan permintaan cerai talak.

Pegawai Pengadilan Agama Kabupaten Pamekasan

Photo :
  • Berbagai Sumber
Dulu Dapat Pujian, Kurnia Meiga Kini Banjir Hujatan

"Hal ini terbilang meningkat karna pada tahun sebelumnya dimana selama 5 bulan tercatat laporan perkara perceraian 504 orang," ujarnya saat dikonfirmasi pada Rabu, 14 Juni 2023.

Lebih lanjut, Suci menjelaskan pemicu meningkatnya perceraian di Kabupaten Gerbang Salam itu dikarenakan adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), masalah ekonomi, dan bahkan perzinahan.

Dulu Dipuji, Kurnia Meiga Kini Banjir Hujatan Netizen

"Dalam perkara kasus perceraian pihak Pengadilan Agama selalu berusaha mendamaikan kedua belah pihak, dengan menyediakan ruangan mediasi untuk kedua belah pihak diberikan kesempatan untuk berunding," paparnya.

Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Pamekasan, menurut Suci, sudah berupaya menyediakan ruang mediasi dengan tujuan agar kedua belah pihak yang sedang memproses perceraian duduk bersama dan berunding menemukan jalan damai sehingga perceraian tidak terjadi. Hal tersebut dilakukan sebelum pemeriksaan pokok perkaran dilanjutkan.

Halaman Selanjutnya
img_title