Usai Alquran, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Ragukan Nabi Adam Manusia Pertama

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang tak henti-hentinya membuat kontroversial. Pidato lama Panji Gumilang kembali viral di media sosial. Video tersebut menjadi sorotan karena Panji Gumilang meragukan kebenaran Nabi Adam sebagai manusia pertama.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Ungkapan Panji Gumilang mengenai Nabi Adam AS tersebut diunggah oleh sejumlah akun di media sosial. Video tersebut salah satunya diunggah oleh pemilik akun TikTok @herypatoeng. Unggahan tersebut sudah ditonton lebih dari 2.5 juta pengguna. 

"Saudara-saudara, Adam yang sering kita katakan bahwa manusia pertama, bisa jadi betul, juga bisa jadi meleset," ungkap Panji Gumilang dilansir pada Selasa, 20 Juni 2023. 

Putus Tali Darah dengan Lolly, Nikita Mirzani: Anak Saya Hanya 2

Panji Gumilang menambahkan mengenai sosok Nabi Adam AS diciptakan dari debu atau tanah. Hal ini juga tertulis dalam Alkitab, baik perjanjian lama, perjanjian baru, maupun perjanjian masa kini. 

"Di dalam Alkitab menceritakan bahwa Adam diciptakan dengan debu atau tanah. Kemudian, terciptalah makhluk yang diberi nama Adam itu," terangnya.

Thomas Doll Ngambek, Persija Tak Pantas Kalah, Sebut Persib Tak Main Bagus

Dari pernyataan tersebut, sudah dipastikan bahwa Panji Gumilang tak meyakini bahwa Adam adalah manusia pertama yang sudah diciptakan oleh Allah SWT. Padahal, Allah SWT sudah berfirman dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 59 yang mengatakan bahwa Adam diciptakan dari tanah. 

"Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa bagi Allah, seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu," (QS. Ali Imran: 59).

Halaman Selanjutnya
img_title