Bio Farma dan Pemerintah Indonesia Serahkan Hibah Vaksin Pentavalen ke Negeria

Bio Farma Salurkan Vaksin ke Negeria
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Induk Holding BUMN Farmasi yakni Bio Farma bersama Kedubes RI untuk Abuja Nigeria, menghadiri acara serah terima hibah vaksin dari Pemerintah Indonesia ke Pemerintah Federal Republik Nigeria pada 16 Juni 2023.

Lakukan Asistensi Sertifikasi Halal, Bio Farma Dapat Apresiasi dari YPM Salman ITB

Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat National Primary Health Care Development Agency (NPHCDA) Abuja, ibukota Nigeria.

Jumlah Vaksin Pentavalent yang dihibahkan ke Negeria sebanyak 1.580.000 dosis. Hibah vaksin tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Pengembangan Usaha Bio Farma, Yuliana Indriati, Duta Besar Republik Indonesia untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap, dan Executive Director National Primary Health Care Development Agency Nigeria, Faisal Shuaib.

Ramadan Berkah, Bio Farma Gelar Pasar Murah di Bogor

Usra Hendra Harahap selaku Duta Besar RI untuk Nigeria, menyampaikan bahwa Indonesia telah menghibahkan 1.580.000 dosis Vaksin Pentavalen kepada Nigeria untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Haemofilia Influenza tipe B. sambil menjelaskan pentingnya bantuan ini bagi dunia kesehatan Nigeria.

"Dengan senang hati,  saya informasikan kepada Anda semua bahwa untuk donasi ini, sebanyak 730 ribu dosis vaksin pentavalent tahap 1 telah tiba di Nigeria pada tanggal 30 Mei 2023, kemudian tahap 2 sebanyak 850 ribu dosis tiba pada tanggal 14 Juni 2023 sehingga total 1.580.000 dosis vaksin telah tiba di Nigeria. Vaksin ini digunakan untuk meningkatkan sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan cakupan imunisasi agar setiap anak di Nigeria dapat tumbuh dengan sehat dan aman. Misinya adalah untuk mencegah penyakit seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan influenza tipe B " ujar Usra

Bio Farma Turun Tangan Atasi Ketersediaan Vaksin di Kawasan Selatan Global

Kemudian, Usra menambahkan bahwa beban penyakit-penyakit yang dapat dicegah ini akan sangat berkurang dengan imunisasi menyeluruh, terutama di antara populasi yang paling rentan, seperti bayi baru lahir dan anak-anak.

“Total 1.580.000  dosis Vaksin Pentavalen yang disumbangkan oleh Pemerintah Indonesia kepada Nigeria melalui  Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI)/ Indonesian Aid ini dibuat oleh produsen Indonesia, Bio Farma" papar Usra.

Halaman Selanjutnya
img_title