Ken Setiawan Bongkar Pekerjaan Mengerikan saat Jadi Anggota Al Zaytun: Lepas Baju Hingga...

Ken Setiawan dan Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Belakangan ini Ken Setiawan secara terang-terangan membongkar kebiasaan mengerikan yang dijalankan di Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu. Terkini, Ken Setiawan membongkar soal sumber pendapatan dari lembaga pendidikan Islam pimpinan Panji Gumilang tersebut.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Menurut pendiri NII Crisis Center itu, Pondok Pesantren Al Zaytun memandang orang-orang yang tidak termasuk kelompok mereka adalah seorang kafir. Dengan dasar ini, Ponpes Al Zaytun berhasil menjarah harta milik orang lain.

“Dari Panji Gumilang enggak menyampaikan silakan ngerampok, silakan nyuri, tapi mengatakan bahwa harta orang di luar kelompok termasuk orang tua yang belum berbayar itu kafir semua, dicuri enggak apa-apa,” kata Ken dilansir akun TikTok @mediasatupersen pada 27 Juni 2023.

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Ken Setiawan yang merupakan pendiri NII Crisis Center dan mantan anggota di Pondok Pesantren itu memberikan penjelasan mengenai kelompok tersebut. Dia menyampaikan bahwa dirinya dulu sering merampok saat masih menjadi anggota Al Zaytun.

Bukan hanya itu, dirinya juga mengungkapkan target setiap bulannya bisa mencapai Rp10 miliar. Jika ada yang tidak bisa mencapai target yang telah diberikan itu, maka akan ada sanksi bagi orang tersebut dengan hukuman cambuk.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

“Ketika saya masih ada di dalam itu mohon maaf setiap hari kita kerjaan kita ngerampok,” ucap Ken Setiawan. 

“Karena target kita kalau misalnya 1 bulan harus bawa Rp10 miliar, dapatnya misal Rp1 miliar itu enggak berani pulang kita, kalau pulang lepas baju dicambuk kalau belum berdarah belum berhenti,” ucap pria berjenggot itu.

Halaman Selanjutnya
img_title