Panji Gumilang Geram Dianggap Sesat Gegara Dituduh Punya Paham 'Haji Tak Wajib ke Mekkah', Ngeles?

Panji Gumilang
Sumber :
  • IST

VIVA Jabar - Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang sempat geram dianggap punya paham bahwa ibadah haji tak wajib di Mekkah lantaran Tanah Suci itu adanya di Indonesia

1.180 Calhaj Asal Subang Segera Berangkat, Kemenag Distribusikan Koper Jamaah

Panji Gumilang menjelaskan pernyataannya soal Tanah Suci berada di Indonesia itu maksudnya ingin memberikan pemahaman pada anak didik di pesantren bahwa hendaknya santri-santri meyakini Indonesia sebagai Tanah Suci.

Panji menolak klaim orang yang mengatakan dirinya melarang untuk pergi naik haji ke Mekkah.

781 Calon Jemaah Haji Asal Purwakarta 2024 Jalani Bimbingan Manasik Haji

"Jadi narasinya bukan begitu, saya menyampaikan pada anak didik, pahamilah negaramu adalah sebagai tanah suci," kata Panji di program Kick Andy, dilansir dari viva.cao.id

Panji memahami bahwa kata "Tanah Suci" yang dimaksud adalah bukan yang ada di Mekkah. Melainkan, kumpulan tanah suci yang ada di negara Timur Tengah. Termasuk, yang ada di Baitul Maqdis (Palestina).

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

"Mengambil kumpulan tanah suci yang ada di Timur Tengah. Baitul Maqdis, tanah suci. Madinah adalah tanah yang bersinar, Indonesia adalah tanah berseri. Ini namanya tanah suci," kata Panji.

"Ini supaya tertanam bahwa kita ini mempunyai negara yang dikatakan tanah suci, tanah sakti, tanah berseri," sambungnya.  

Halaman Selanjutnya
img_title