Waketum MUI, KH Anwar Abbas Khawatirkan Kasus Ponpes Al-Zaytun Hanya 'Pengalihan Isu'

Waketum MUI, KH. Anwar Abbas
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Polemik Ponpes Al-Zaytun memantik komentar Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas. Ia memberikan kritik tajam terhadap penanganan persoalan yang menimpa Pimpinan Ponpes, Panji Gumilang.

Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil Ono Surono Duet di Pilgub Jabar

"Mari kita tunggu saja perjalanan kasus ini apakah kasus ini benar-benar akan diproses dan dibawa ke pengadilan atau tidak. Untuk itu biarlah waktu yang akan menentukan," kata dia kepada wartawan, Jumat (30/6/2023) kemarin, dilansir dari viva.co.id

Buya Anwar, begitu beliau biasa disapa, menuturkan jika kasus atau polemik Ponpes Al-Zaytun mengambang alias tidak menemui titik terang dari persoalan yang selama ini diperdebatkan khalayak, Ia menduga masalah Ponpes Al-Zaytun hanya sebatas sandiwara sebagai pengalihan isu dari kasus besar lainnya yang sedang dihadapi negeri ini.  

Bey Machmudin Lantik Adi Gemawan Jadi Kepala Perwakilan BPKP Jawa Barat

"Oleh karena itu muncul dan dimunculkanlah kasus Panji Gumilang yang sering sekali mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang sangat kontroversial dan hal itu tampaknya telah berhasil mengundang kemarahan umat yang merupakan mayoritas penduduk di negeri ini. Sehingga, akhirnya perhatian rakyat tidak lagi tertuju kepada kasus-kasus yang ada tapi sudah beralih dan kesedot kepada kasus Panji Gumilang dan Al-Zaytun," ucapnya.

Wakil Ketua Umum MUI Pusat, Anwar Abbas

Photo :
  • Viva.co.id
Jelang Pilkada Serentak 2024, Bey Machmudin Tegaskan Hal ini

Bukan tanpa dasar, Buya Anwar, menceritakan pengalaman historis dan politis di masa lalu. Ia menilai cara-cara seperti ini juga sudah sering dilakukan oleh pihak pemerintah sebelumnya termasuk di zaman orde baru. 

Oleh karena itu berdasarkan kepada pengalaman masa lalu tersebut, dirinya mempertanyakan apakah kasus yang menyeret nama Panji Gumilang ini bakal disidangkan atau tidak.

Halaman Selanjutnya
img_title