Soal Ponpes Al-Zaytun, Mahfud MD Tegaskan Belum Ada Rencana Pembekuan

Mahfud MD
Sumber :
  • Mahfud MD

VIVA Jabar - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD angkat bicara soal rekomendasi pencabutan izin hingga pembubaran Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun.

Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil Ono Surono Duet di Pilgub Jabar

Mahfud menegaskan pihaknya belum membahas soal rekomendasi pencabutan izin Ponpes Al Zaytun. Pasalnya, pemerintah selama ini belum pernah melakukan penutupan pondok pesantren, sekalipun ada tindak pidana yang dilakukan oleh pengurus.  

"Kita belum sampai ke kesimpulan itu, tapi selama ini kita belum pernah menutup pondok pesantren," ujar Mahfud di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2023)

Bey Machmudin Lantik Adi Gemawan Jadi Kepala Perwakilan BPKP Jawa Barat

Mahfud pun mencontohkan Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo yang didirikan oleh Abu Bakar Baasyir, mantan napi terorisme.  

"Termasuk pondok pesantren yang seperti Al Mukmin sekalipun, kita tidak (menutup). Tapi kalau pribadi yang melakukan pidana ya kita. Tapi itu akan dibaca dulu," ucapnya. 

Jelang Pilkada Serentak 2024, Bey Machmudin Tegaskan Hal ini

Gubernur Jawa Barat Pernah Berencana Ajukan Pembekuan Ponpes Al-Zaytun

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan ada rekomendasi untuk membekukan hingga pembubaran Pondok Pesantren Al-Zaytun. 

Halaman Selanjutnya
img_title