KPK Buru Harun Masiku, Dikabarkan Jadi Marbot Masjid di Malaysia

Harun Masiku
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih memburu buronan korupsi yang juga merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Harun Masiku. Belakangan ini, beredar informasi bahwa Harun Masiku kini tengah menjadi marbot sebuah masjid di Malaysia.

Vietnam Lolos ke Babak 8 Besar Piala Asia U-23, Malaysia Angkat Koper

Mengenai beredarnya informasi Harun Masiku ini, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pun masih belum bisa menjelaskan secara detail. Sebab sampai dengan saat ini KPK masih terus memburu setiap buronan korupsi.

"Nah itu juga informasi belum kita.. Tapi intinya semua DPO pasti akan kita cari. Satu per satu kan akhirnya berhasil kita tangkap," kata Alex kepada wartawan di KPK, Kamis 2 Maret 2023.

Vietnam Dipastikan Lolos ke 8 Besar Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Malaysia

KPK pun telah berhasil menangkap dua buronan korupsi selain Harun Masiku. Keduanya buronan itu ditangkap pada awal 2023, yakni Izil Azhar dan Ricky HAM Pagawak. Saat ini tersisa tiga koruptor yang masih menjadi buron KPK. Ketiganya mulai dari Harun Masiku, Kirana Kotama, hingga Paulus Tannos.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini aparat penegak hukum dapat segera menangkap para pelaku tindak pidana korupsi yang masih buron. Keyakinan itu disampaikan Jokowi menyikapi Indeks Persepsi Korupsi (IPK) RI tahun 2022 yang mengalami penurunan sebanyak 4 poin. 

Balonbup Bandung Barat Ini Diundang Jadi Pembicara di Universitas Malaysia

Beberapa catatan yang menyebabkan IPK RI tahun 2022 merosot antara lain disebabkan korupsi politik yang masih terjadi di Indonesia. Sejumlah pelaku tindak pidana korupsi masih bebas buron dan sulit ditangkap aparat penegak hukum.

"Bahwa ada yang belum ketemu setahun, tapi baru 6 bulan ketemu kan juga ada, tapi ada juga yang memang belum ketemu, ya kalau memang barangnya ada, ya pasti ditemukan dong, tanya KPK biar menjawab untuk itu," kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Kepresidenan, Selasa, 7 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title