LPSK Diminta Melindungi Korban Penipuan Rihana-rihani, Ada apa?

Hasto Atmojo Suroyo, Wakil Ketua LPSK
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar - Rihana-rihani sang penipu iphone terus meresahkan masyarakat Indonesia. kali ini Korban penipuan si kembar Rihana dan Rihani minta perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Hal ini lantaran beberapa dari mereka merasa dikriminalisasi hingga dipolisikan.

WhatsApp Perkenalkan Fitur Passkey: Keamanan Tambahan untuk Pengguna iPhone

Kuasa hukum para korban, Odie Hudiyanto menyebutkan kliennya dituduh menggelapkan jual beli iPhone yang berantai buntut ulah si kembar. Salah satu kliennya bahkan sampai diseret ke meja hijau di Tangerang.

"Intinya klien saya yang jumlahnya sementara delapan orang sebagai pembeli langsung dan perantara atau mediator untuk pembeli yang lain, dilaporkan oleh pembeli lain yang menitipkan uangnya untuk dibelikan iPhone ke Rihana," ujar dia kepada wartawan, Selasa 11 Juli 2023.

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

Dia mengklaim para kliennya tak ikut campur dalam penipuan kakak-beradik itu. Pasalnya, uang yang ditransfer reseller lain kepada kliennya langsung disetor ke si kembar untuk pembelian iPhone. Bukannya dapat unit, mereka malah harus menanggung ulah si kembar.

"Ini membuat ketakutan hebat karena klien kami tidak melakukan penggelapan dan penipuan. Uang dari pembeli langsung ditransfer seluruhnya ke si kembar. Karena klien kami tidak ada niat jahat. Bahkan mereka menjual kendaraan, rumah, pinjam uang kepada keluarga dan pihak ketiga agar ada uang bisa dikembalikan ke pembeli iPhone. Walaupun yang menipu dan menggelapkan uang adalah si kembar," ujar dia. 

Kamar Gadget Care, Rekomendasi Tempat Service iPhone di Bandung

Sementara itu Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi tidak menampik adanya pengajuan perlindungan dari para korban Rihana-Rihani. Dia mengaku pihaknya masih menelaah permohonan tersebut.

"Iya (mengajukan permohonan). Dalam proses penelaahan," ujar Edwin.

Halaman Selanjutnya
img_title